Hari Kedua, 9 Lulus SKD

IRUL/Bengkulu Ekspress
LIHAT: Sekda Kaur dan Plt Kepala BKD PSM Kaur saat memperlihatkan nilai peserta hasil tes SKD CPNS di layar monitor depan ruangan tes CPNS, Selasa (6/11).

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress– Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar Berbasis Computer Assisted Test ( CAT) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kaur dihari kedua berjalan lancar. Hasilnya, hanya 9 peserta yang mencapai passing grade dari 800 peserta yang mengikuti tes.

“Dari empat sesi tes hari ini, ada 9 peserta yang mencapai passing grade, dengan jumlah peserta sesuai jadwal yakni 800 orang,” kata Ketua Panitia Pengadaan CPNS Kaur, Nandar Munadi SSos MSi, kemarin (6/11).

Dikatakan Sekda, selama dua hari pelaksanaan tes CPNS yang digelar di SMP 8 Kaur Desa Suka Raja Kecamatan Tetap itu, para peserta yang lulus SKD masih sangat minim dan baru 26 peserta. Bila melihat dari hasil sementara ini, bisa dipastikan kuota untuk masuk ke sesi berikutnya yakni Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) bakal tak terpenuhi.



Sebab dibutuhkan setidaknya 717 orang yang akan maju dalam SKB terdiri dari 3 besar berasal dari 239 formasi yang ada, namun sayang untuk menjangkau jumlah ini masih jauh dari cukup. Sebab dari dua hari SKD yang dilakukan peserta yang lulus SKD belum mencapai angka 50 orang. Meski demikian, Sekda belum bisa memastikan apakah nanti akan ada pengurangan nilai ambang batas (passing grade). Karena terkait dengan hal itu, tentunya tergantung kebijakan dari MenPAN RB dan BKN.

“Soal penuruanan ambang batas itu tentunya kebijakan nasional, saat ini kita memisahkan dulu mana yang lulus ambang batas dan mana yang tidak,” terangnya.

Ditambahkan Sekda, soal peserta apakah nanti yang lulus passing grade bisa dipindahkan ke alokasi formasi yang lain dirinya belum bisa memastikan. Hanya saja hal itu tentu tak menutup kemungkinan bisa saja terjadi. Seperti di alokasi formasi guru SD sekolah A pelamar 8 yang lulus passing grade ada 4 orang, sementara yang di sekolah SD B dari 4 pelamar tak ada lulus passing grade.

“Soal ini mungkin bisa jadi dipindahkan karena tugasnya sama guru SD, namun tentu kembali kebijakan dari BKN dan KemenPAN sendiri ini bukan kita menentukan,” tandasnya. (618)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*