Hari Ini UMB Wisuda 491 Lulusan Program Sarjana

=Foto Rektor UMB, Dr H Sakroni MPd=

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) mewisuda 491 orang mahasiwa dan mahasiswi yang berhasil menamatkan pendidikan di 8 fakultas Program Sarjana Periode Mei 2019 di Gedung Gunung Bungkuk STQ Bengkulu, pukul 08.00 WIB, hari ini (2/5).

Rektor UMB, Dr H Sakroni MPd mengucapkan, terima kasih kepada orang tua wali para wisudawan yang telah menitipkan anaknya di UMB. Dimana pada kesempatan yang berbahagia ini, UMB mewisuda 491 orang mahasiswa terdiri dari 167 orang dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 25 orang dari Fakultas Agama Islam, 36 orang dari Fakultas Pertanian, 120 orang dari Fakultas Ekonomi, 60 orang dari Fakultas Teknik, 38 orang dari Fakultas Ilmu Kesehatan, 21 orang dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, dan 24 orang dari Fakultas Hukum.

“Besok (hari ini, red) kami serahkan kembali wisudawan dan wisudawati, semoga kerja sama ini terus kita lanjutkan sampai ke cucu-cucu bapak dan ibu. Selamat para wisudawan,” kata Sakroni, kemarin (1/5).

Diakuinya, pada wisuda kali ini, UMB berhasil mencetak para wisudawan dan wisudawati untuk memperoleh Indeks Prestasi Komulatif (IPK) cukup baik. Dimana rata-rata program sarjana periode Mei 2019 ini adalah 3,27 dengan lulusan predikat IPK tertinggi diraih oleh tiga wisudawan terbaik tingkat universitas, yaitu Ummi Kalsum binti Suparmo dengan IPK 3,92 predikat Pujian dari Pogram Studi Pendidikan Ekonomi dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan merupakan alumni SMA N 1 Curup Selatan, Ristiani binti Kasudin dengan IPK 3,91 predikat Pujian dari Program Studi Agroteknologi dari Fakultas Pertanian berasal dari SMA N 1 Mukomuko, dan Sri Wahyuni binti Jum IPK 3,84 predikat Pujian dari Program Studi Ilmu Komunikasi dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik berasal dari MAN 1 Rejang Lebong.

“Wisudawan terbaik setiap fakultas selain tingkat universitas adalah Nur Anisa dengan IPK 3,69 dari fakultas Agama Islam, Novita Oktavia dengan IPK 3,50 dari Fakultas Ekonomi, Randi Afri Nandes dengan IPK 3,58 dari Fakultas Teknik, Cica Anisa dengan IPK 3,82 dari Fakultas Ilmu Kesehatan, dan Rara Anggraini dengan IPK 3,59 dari Fakultas Hukum. Rata-rata masa studi wisudawan adalah 4,5 tahun. Rerata masa studi tercepat dari Program Studi PPKn, yaitu 3,8 tahun,” ucap Sakroni.

Sakroni juga menuturkan, hingga tahun ajaran 2018/2019 ini, masyarakat Provinsi Bengkulu masih menjadikan UMB sebagai perguruan tinggi swasta favorit untuk melanjutkan studi. Kepercayaan masyarakat ini juga ditentukan dengan hasil akreditasi baik program studi maupun institusi.

Sistem penerimaan mahasiswa baru UMB juga tidak membedakan latar belakang calon mahasiswa, semua pendaftar yang memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan sesuai dengan jalur seleksi yang dipilih. “UMB juga telah menjalin Kerjasama dalam dan luar negeri di bidang Tri Darma Perguruan Tinggi saat ini dengan melakukan 185 Kerjasama dalam negeri dan 43 Kerjasama Luar Negeri,” tutur Sakroni.

Sakroni menambahkan, perkembangan UMB saat ini sudah sangat baik, selain memiliki 4 Kampus yang berada di tengah kota Bengkulu, Universitas swasta terbesar di Bengkulu ini juga sudah menyelesaikan Gedung 6 lantai yang merupakan kembaran dari Gedung Ahmad Dahlan dan Masjid At-Tanwir yang dibangun berlantai tiga yang dilengkapi dengan AC. Kedua bangunan tersebut berlokasi di Kampus 4 yang direncanakan akan menjadi kampus pusat dan terpadu UMB berada di Jalan Adam Malik Pagar Dewa Kota Bengkulu. Bangunannya dirancang modern, futuristik dan bisa menjadi salah satu objek wisata.

“Disamping itu, UMB juga memiliki Sekolah Laboratorium Fakultas Pertanian yaitu SMK Agro Maritim terletak di dekat kampus 4 lengkap dengan fasilitas pembelajaran, memiliki 37 siswa pilihan seluruh Provinsi Bengkulu dengan Program Menjemput Matahari. Dan tahun ini juga akan menerima kembali siswa baru dengan jalur prestasi dan regular,” tutup Sakroni.

Seperti diketahui, Wisuda UMB periode Mei Tahun 2019 ini merupakan wisuda pertama di 2019. Acara ini akan dihadiri ribuan keluarga dan sahabat wisudawan-wisudawati serta beberapa tokoh penting seperti Ketua Majelis DIkti Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Gubernur Bengkulu beserta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Provinsi Bengkulu, Ketua DPRD Provinsi Bengkulu, Walikota Bengkulu, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah 2, Koordinator Kopertais Wilayah VII, Pimpinan Perguruan Tinggi se Provinsi Bengkulu, Kepala Dinas/Badan/Kantor serta Pimpinan Bank, Pimpinan Media Cetak dan Elektronik, serta segenap Mitra Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Pimpinan Wilayah Muhammadiyah dan Asiyiyah Beserta Ortom, Senat serta Civitas Akademika dan Karyawan Universitas Muhammadiyah Bengkulu.(999)