Hari Ini Terakhir Pengambilan Nomor Dada, Peserta Capai 1.500 Orang

 
BENGKULU, BE – Pelaksanaan lomba lari 10 Km atau Bengkulu Run tinggal 1 hari lagi. Ratusan peserta event akbar dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Bengkulu ke-298, HUT Harian Bengkulu Ekspress ke-12, dan HUT BETV ke-3 itu pun kemarin (24/3) ramai mendatangi kantor Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bengkulu untuk mengambil nomor dada.

Kepala Dispora Kota Bengkulu, Herman SSos melalui Kabid Pembudayaan Olahraga Dispora Kota Bengkulu, Yuhartati SSos mengungkapkan, pengambilan nomor dada dilakukan selama dua hari, yaitu kemarin (24/3) dan hari ini (25/3). Jelang H -1 pelaksanaan event Bengkulu Run 10 K, Tati mengklaim bahwa sejauh ini persiapannya sudah 90 persen. “Sejauh ini persiapan sudah 90 persen. Sisanya nanti pada pelaksanaan,” ungkapnya kepada BE, kemarin (24/3).

Klaim persiapan yang sudah 90 persen itu, kata Tati bukan tanpa alasan. Sebab, pihaknya bersama Event Organizer (EO) dari Bengkulu Ekspress sudah melakukan baik itu perencanaan, dan pematangan sejak dua bulan lalu atau tepatnya Januari 2017.

Beberapa persiapan teknis seperti persiapan wasit atau juri pun dilakukan dengan sangat serius. Selain itu, persiapan pengamanan rute Bengkulu Run yang berjarak 10 Km juga dibahas dengan sangat matang.

Tidak hanya Dispora sendiri, bahkan beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Bengkulu pun ikut menyukseskan event akbar Bengkulu Run 10 K itu.

Untuk nomor dada, Tati menyebutkan, masing-masing atlet, warna nomor dada akan dibedakan berdasarkan kelas yang didaftar. Untuk kelas profesional laki-laki dan perempuan berwarna merah dan biru, sedangkan untuk kelas umum 5 kilo berwarna kuning dan hijau.

“Warna nomor dadanya kita bedakan berdasarkan kategorinya. Itu untuk memudahkan juri menilai,” paparnya.

Selain itu, sejak pendaftaran Bengkulu Run ditutup, pihaknya mencatat pendaftar untuk kelas profesional yang kebanyakan diisi oleh pelari dari luar Provinsi Bengkulu pendaftarnya mencapai 200 orang lebih. Sementara untuk kelas lari 10 Km umum pendaftarnya sudah mencapai 1000 orang lebih. “Yang daftar sudah banyak. Totalnya 1500 orang lebih,” bebernya.

Diantara peserta yang mendaftar tersebut banyak yang berasal dari luar Provinsi Bengkulu. Diantaranya, Provinsi Sumatera Utara, Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Jambi, Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Lampung, DKI Jakarta, Provinsi Banten, Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Jawa Barat, DIY Jogyakarta, Provinsi Kalimantan Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Sementara yang paling banyak dari Palembang,” imbuhnya.

Selain menyediakan total hadiah Rp 200 juta bagi para pemenang. panita Bengkulu Run juga menyediakan doorprize bagi peserta yang beruntung.

Adapaun hadiah doorprize menarik yang telah disiapkan yakni 2 unit sepeda motor, 5 unit kulkas, 3 unit televisi, 2 unit kompos gas, blender, mesin cuci, sepeda gunung, kipas angin, dispenser, setrika, magic com dan beberapa hadiah lainnya. Selain itu, juga ada beberapa hadiah berupa voucher belanja, diantaranya 40 voucher belanja precise, 6 pcs sepatu precise, 26 paket goodie bag, 100 voucher belanja Alfamart, 12 Voucher menginap di hotel Splash dan dan hotel The Madelin.(311)