Hari Ini, Surat Suara Pemilu Tiba

Foto; Ist

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Jika tidak ada halangan, hari ini (11/03) seluruh surat suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 untuk masing-masing pemilihan (DPRD kabupaten, DPRD provinsi, DPD RI, DPR RI dan Pilpres) Kabupaten Lebong tiba. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebong, Salahuddin Al Khidhr SE mengatakan, bahwa logistik surat suara untuk Kabupaten Lebong saat ini sedang masih dalam perjalanan.

“Mudah-mudahan pada hari ini Senin (11/3) seluruh surat suara telah tiba di Lebong,” jelasnya, kemarin (10/03).

Untuk surat suara Kabupaten Lebong digabung dengan surat suara untuk Kabupaten Rejang Lebong, Curup. Untuk itulah, pihaknya akan melakukan pemeriksaan ke KPU Curup guna memastikan surat suara tidak tertukar. “Besok (hari ini) kita akan ke Curup, untuk memastikan agar surat suara tidak tertukar,” sampainya.



Setelah tiba di Kabupaten Lebong, nantinya akan disimpan di Kantor KPU Kabupaten Lebong. Setelah 2 hingga 3 hari surat suara tiba, barulah akan dilakukan pelipatan dan pemeriksaan, apakah ada surat suara yang rusak atau tidak.

“Setelah dilipat, surat suara akan kita simpan bersamaan logistik yang sebelumnya telah disimpan di gudang dan Gedung Juang,” ujarnya.

Ditambahkan Khidhr, untuk total surat suara yang nantinya akan diterima untuk Kabupaten Lebong sesuai dengan jumlah sebanyak 77.225 pemilih yang di kali 5 atau sebanyak 386.125 surat suara dan ditambah surat suara cadangan sebanyak 2 persen dari total pemilih. “Untuk surat suara tambahan 2 persen, nantinya akan dibagi masing-masing ke TPS sesuai dengan basis di setiap TPS,” ujar Ketua KPU.(614)