Hari-Ini, Owi/Butet bisa Bikin Bulutangkis Lampaui Target

INCHEON – Hari ini, Senin (29/9), Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) bisa melewati target medalinya di Asian Games XVII/2014, Incheon Korea Selatan. Saat di Tanah Air, induk cabang olahraga tepok bulu itu mencanangkan meraih 2 medali emas dari 7 nomor yang ada.

Kini, 2 medali emas tersebut sudah dikantongi berkat suksesnya ganda Merah Putih mengawinkan gelar di sektor putra dan putri. Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari membuka keran emas usai mengalahkan pasangan Jepang Misaki Matsutomo/Ayaka Takhashi dengan 21-15, 21-9. Ganda putra Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan kemudian menggenapi target 2 emas usai mengalahkan pasangan Korea Selatan Lee Yong Dae/Yoo Yeon Song dengan 21-16, 16-21, 21-17.

Jika melihat jumlah medali yang dibidik, memang sudah mencapai target. Namun bicara nomor yang diincar, emas dari ganda putri di luar perkiraan. Target sesungguhnya adalah emas ganda putra dan ganda campuran. “Kita menargetkan di ganda putra dan ganda campuran,” ujar Manajer Tim Lius Pongoh, saat masih di Tanah Air.

Itu berarti, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (Owi/Butet) tetap memikul beban harus menang menyusul target yang sudah melekat di pundak mereka. Lawan di final, ganda Tiongkok Zhang Nan/Zhao Yunlei bukan lawan ringan. Jika sukses mengalahkan ganda nomor satu dunia itu, maka Tontowi/Liliyana akan membuat bulutangkis semakin menjadi primadona prestasi olahraga Indonesia. (adk/jpnn)