Hari Ini, Deadline Input Nomor Handphone Siswa Bengkulu

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bengkulu Dra Rosmayetti

BENGKULU, BE – Ini warning bagi seluruh satuan pendidikan tingkat SD, SMP, SMA, SMK di Kota Bengkulu, yang belum tuntas menginput data nomor handphone siswa ke dalam Data Pokok Pendidik (Dapodik). Hari ini, Selasa (15/9), hari terakhir penginputan nomor handphone tersebut dilakukan.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bengkulu Dra Rosmayetti kepada BE mengatakan, pendataan nomor handphone guru dan siswa dalam dapodik berakhir pada 15 September 2020, setelah sebelumnya sempat diperpanjang.
“Kita sudah selalu ingatkan ke seluruh kepala sekolah, khususnya tingkat SD dan SMP untuk menuntaskan penginputan telepon siswa dan guru. Jangan sampai ada siswa yang memiliki telepon justru tidak terdaftarkan,” ungkap Rosmayetti.

Dijelaskannya, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI memberikan kemudahan dalam proses pembelajaran jarak jauh sistem daring. Dengan memberikan kuota gratis bagi siswa sebesar 35 GB dan guru sebanyak 42 GB. Caranya, nomor telepon siswa dan guru diinput melalui Dapodik sekolah.

“Kita belum mendapatkan bagaimana progres penginputan nomor telepon dari pusat tersebut, karena penginputan tersebut langsung dari sekolah ke pusat. Disdik belum memiliki data final persentasi siswa yang memiliki handphone ataukah menggunakan telepon dari orang tuanya sehingga persentase siswa belajar daring belum diketahui,” jelasnya.

Rosmayetti sudah jauh-jauh hari meminta operator sekolah bekerja ekstra, karena jika ada siswa yang tidak terinput maka bukan menjadi kewenangan Disdik.

Bantuan kuota internet dari pemerintah tersebut, berfungsi untuk proses pembelajaran daring. Kuota internet langsung dikirim oleh pemerintah pusat ke nomor telepon siswa yang terdaftar di dapodik. Begitu juga dengan kuota guru termasuk guru honorer yang masuk dalam dapodik pun dibantu kuota gratis.  (247)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*