Hari Ini, Bu RT Cabul Diperiksa Kejiwaan

RIO-BU RT-terduga cabul-DIAMANKAN POLISI - (4)BENGKULU, BE – Jika tidak ada aral melintang, hari ini penyidik Unit PPA Polres Bengkulu akan melakukan pemeriksaan kejiwaan terhadap EM (38) tersangka pencabulan kepada 7 anak di RW 3 Perumahan Korpri Kelurahan Bentiring Kecamatan Muara Bangkahulu.  Pemeriksaan kejiwaan terhadap istri Ketua RT 16 RW 3 Kelurahan Bentiring ini, akan dilakukan di Rumah Sakit Jiwa dan Ketergantungan Obat (RSJKO) Lingkar Barat Kota Bengkulu.

  Hal tersebut disampaikan Kapolres Bengkulu AKBP H Joko Suprayitno SST MK melalui Kasat Reskrim AKP Dwi Citra Akbar SIK didampingi Kanit PPA IPTU Muliawati, Sabtu (20/4) lalu.

“Senin nanti kita akan lakukan tes kejiwaan kepada tersangka, kita minta kepada RSJ untuk melakukan pemeriksaan kejiwaannya,” terang Kanit PPA.

Dijelaskan Kanit, pemeriksaan terhadap kejiwaan tersangka sangat diperlukan untuk mengetahui kondisi kesehatan jiwa dari tersangka sendiri. Serta untuk melengkapi berkas pemeriksaan perkara pencabulan yang telah dilakukan oleh tersangka. Jika berkas sudah lengkap dan pemeriksaan kejiwaan selesai, maka tersangka akan dititipkan ke Lapas Kelas II A Malabro, sebelum berkasnya diajukan ke kejaksaan.

“Pemeriksaan saksi korban terus berjalan, kejiwaan tersangka juga akan dilakukan pemeriksaannya,” tutup Kanit.
Sementara itu, ketika dikonfirmasi Direktur Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Dr Bina Ampera Bukit mengatakan kesiapannya jika diminta untuk melakukan pemeriksaan kejiwaan terhadap EM (38) tersangka pencabulan 7 anak di Perumahan Korpri tersebut.

Dijelaskan Bukit, butuh waktu 14 hari untuk melakukan pemeriksaan kejiwaan terhadap tersangka.  Maka selama 14 hari tersebut aktivitas tersangka akan dipantau terus oleh petugas RSJ.  “Ya kami siap melakukan pemeriksaan, nanti jika sudah ada permintaan dari kepolisian kita akan laksanakan,” ungkapnya.

Namun Bukit mengatakan hingga tadi malam belum mendapatkan surat permintaan untuk melakukan pemeriksaan kejiwaan tehadap tersangka pencabulan tersebut.  Jika hari ini kepolisian datang dan langsung menyerahkan tersangka untuk diperiksa, maka pihak RSJ menyatakan siap untuk melaksanakan tugasnya.

“Kalau surat permohonan saya belum baca, nanti saya cek dulu, mungkin sudah dimasukkan langsung kebagian UGD kita.  Intinya bagaimanapun kami siap menjalankan tugas kami,” tutup Dirut RSJKO saat dihubungi BE tadi malam (21/4).(cw4)