Hari Ini, BLSM Dibagikan ke 121.574 RTS

KPS-BLSMRATU SAMBAN, BE- Meski Pemerintah Provinsi belum memiliki data penerima Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM), namun mulai kemarin PT Pos Cabang Bengkulu telah menerima Kartu Perlindungan Sosial (KPS) dari pusat. Tanpa melalui verifikasi, KPS itu dijadikan acuan dalam pencairan BLSM di Kantor Pos Cabang Bengkulu, yang berlokasi di Tanah Patah Kota Bengkulu.

Rencananya, pencairan BLSM itu dilakukan mulai pukul 14.00 WIB kemarin untuk Kecamatan Ratu Agung dan Kecamatan Gading Cempaka. Namun karena belum siap, jadwal pencairan BLSM itu akhirnya ditunda.
“KPS baru kita terima pukul 10.00 WIB, kemudian kita distribusikan nama-nama penerima itu secara global ke kelurahan dan kecamatan. Dan direncanakan dicairkan sorenya. Tapi karena belum siap, makanya pencairan ditunda dan dilakukan hari ini,” kata bagian antaran PT Pos Cabang Bengkulu, Sutiarto, kepada wartawan, kemarin.
Dijelaskanya, sebelumnya PT Pos Bengkulu memiliki 2 alternatif dalam pendistribusian KPS. Pertama KPS diantar langsung secara manual, dan alternatif kedua KPS dikirim melalui komunitas seperti kelurahan, kecamatan hingga tingkat RT. “Karena waktunya mepet, makanya kita ambil alternatif kedua,” terangnya.
KPS yang dibagikan kata Sutiarto, tidak serentak. Dan kartu pertama yang tiba adalah untuk Kota Bengkulu, kemudian menyusul KPS di kabupaten/kota, yang saat ini terus melalui proses pendistribusian.
Perlu diketahui Rumah Tangga sasaran penerima KPS se- provinsi Bengkulu mencapai 121.574 penerima. Dengan rincian, Bengkulu Utara 21.805 kartu Rejang Lebong 19.514 kartu, Kota Bengkulu 15.479 kartu, Seluma 14.878 kartu, Bengkulu Selatan 12.372 kartu, Kaur 8.680 kartu, mukomuko 8.383 Kartu, Kepahyang 8.726 kartu, Lebong 6.812 kartu dan Bengkulu Tengah 4.925 kartu. (247)