Hari Ini APDESI Datangi Dewan

KOTA MANNA, BE – Menindaklanjuti penolakan terhadap kenaikan honor yang hanya 20 persen, Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Bengkulu Selatan (BS) hari ini akan mendatangi DPRD BS. “Jika sebelumnya kedatangan kami beberapa waktu lalu mengusulkan kenaikan honor kades menjadi Rp 2,5 juta, besok (hari ini, red) kami datang menolak kenaikan yang hanya 20 persen,” ujar Sekretaris APDESI BS, Januasman kepada BE, kemarin.
Menurutnya, rencana mendatangi DPRD BS ini mendapat dukungan dari semua kades di BS. Bahkan dirinya memperkirakan semua kades akan hadir ke DPRD BS untuk menolak kenaikan honor yang hanya 20 persen itu. “Kami akan datang  bersama sekitar 100 lebih kepala desa dengan tetap meminta kenaikan honor kami hingga Rp 2,5 juta perbulan,” ucapnya.
Ditambahkan Januasman, kenaikan honor yang direncanakan pemda belum dapat diterima pihaknya lantaran masih terlalu rendah. Pasalnya dengan kenaikan itu, maka honor yang selama ini sebesar Rp 1,5 juta perbulan hanya naik Rp 300 ribu. Sehingga total honor kades hanya Rp 1,8 juta perbulan. Dia menilai, kenaikan ini tidak sesuai dengan kondisi perekonomian.
Jadi kedatangan hari ini untuk meminta agar tuntutan naik menjadi 2, 5 juta itu dapat dikabulkan. “Jika Pemda tetap pada pendirianya, mungkin kami akan menggelar aksi yang lebih besar lagi,” ancamnya tanpa mau menyebutkan bentuk aksi yang akan digelar jika tuntutan APDESI tetap tidak diakomodir pihak eksekutif dan legislatif.
Sementara itu Ketua DPRD BS, Susman Hadi SP MM menyatakan siap menerima kedatangan para kades , bahkan siap memperjuangkan aspirasi mereka. “Silakan mereka datang sehingga kami tahu apa keluhan yang sebenarnya, terkait keinginan kenaikan honor kami sangat setuju akan tetapi kenaikan itu pun harus disesuaikan dengan kondisi keuangan,” terang Susman. (369)