Hari Ini, 6.398 Siswa Ikuti UN

Ujian-Nasional1
Foto : IST

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Siswa – Siswi kelas 9 SMP sederajat dan kelas 6 SD sederajat akan mengikuti Ujian Nasional (UN). Pelaksanaan UN dimulai hari ini, Senin (22/4). ” Peserta UN hari ini terdaftar 6.398 siswa,” Kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bengkulu Selatan (BS), Ir Susmanto MM. Susmanto mengatakan, Ke-6.398 siswa tersebut terdiri dari 3.202 siswa kelas 9 SMP sederajat yakni rinciannya siswa kelas 9 SMP sebanyak 2.881 dan siswa kelas 9 MTS sebanyak 322. Lalu peserta UN tingkat SD sederajat sebanyak 3.196 siswa. Adapun rinciannya kelas 6 SD sebanyak 2.963 siswa dan kelas 6 madrasyah ibtidaiyah sebanyak 233 siswa.

” Hari pertama UN mata pelajaran Bahasa Indonesia,” ujarnya.

Susmanto menjelaskan untuk UN tingkat SMP ada 13 SMP yang menggelar Ujian Nasional berbasis komputer ( UNBK) . Ke – 13 SMP tersebut yakni SMP negeri 1,2,3,4,5,6,7,8,9,10,13 dan 18 serta SMPN 22. Sedang tingkat SD masih secara manual. ” Meskipun UNBK ada 2 SMP yang numpang ke sekolah lain,” imbuhnya. Ke -2 SMP yang numpang ke sekolah lain yakni SMPN 11 ke SMAN 8 dan SMP Negeri 3 ke SMAN 6 Bengkulu Selatan. tidak hanya itu ada juga sekolah yang biasa menggelar UNBK karena dipinjami komputer oleh pemerintahan desa setempat. Sekolah tersebut yakni SMPN 22. mereka dipinjami komputer oleh pemerintahan desa Suka Maju, Air Nipis.



” Semoga tahun depan semua SMP di Bengkulu Selatan bisa menggelar UNBK,” harap Susmanto.

Dengan dimulainya hari ini pelaksana UN, Susmanto mengimbau seluruh peserta dapat fokus belajar, sehingga bisa menjawab soal dengan baik. Dirinya juga berharap agar sebelum mengerjakan soal agar tidak lupa mengisikan identitas diri dengan lengkap. Sehingga lembar jawaban bisa terbaca oleh komputer. “Selamat mengikuti UN kepada anak didik kami , semoga semuanya lulus dengan nilai yang bagus dan nantinya bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi,” demikian Susmanto.(369)