Hari Ini, 225 Calon PPK Tes Tertulis

foto: IST

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Sebanyak 225 peserta yang lulus administrasi calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), hari ini, Kamis (30/1) akan bersaing melalui tes tertulis yang akan diselenggarakan di SMAN 1 Kaur sekitar pukul 15.00 WIB. Hal ini disampaikan Ketua KPU Kaur, Mexsi Resmanto SE melalui Komisoner Yuhardi S.IP MH, kemarin (29/1).

“Ya sesuai jadwal, besok (hari ini) kita akan menggelar tes tertulis PPK di SMA 1 Kaur, dan tes ini kita lakukan secara manual dan tidak melalui sistem online,” kata Yuhardi.

Dikatakannya, setelah pelaksaanan tes tertulis, KPU akan segera mengumumkan nama-nama yang lulus untuk mengikuti tes selanjutnya yaitu tes wawancara. Namun sebelum dilaksanakan tes wawancara, KPU memberikan masa sanggahan kepada masyarakat untuk menyampaikan jika diantara nama nama yang lulus tes tertulis tersebut ada melanggar persyaratan yang telah ditetapkan.

“Nantinya akan kita umumkan. Per kecamatannya 10 peserta nilai tertinggi. Kemudian kita kasih waktu masa sanggah, kita minta masukan dari masyarakat, apakah 10 nama bakal calon itu ada yang melanggar persyaratan yang telah ditentukan atau tidak, setelah itu, baru kita adakan tes wawancara untuk di tetapkan 5 orang yang menjadi PPK,” terangnya.

Ditambahkannya, dalam tes PPK ini KPU Kaur sudah menyiapkan 60 soal pilihan ganda untuk peserta tes tertulis PPK, dan soal-soal untuk tes PPK untuk tahun ini semuanya dibuat oleh KPU Kaur. Dimana dalam soal nantinya ada beberapa katagori yang harus dipelajari oleh setiap calon PPK yakni tentang kepemiluan, pengetahuan umum dan juga wilayah kerja.

Juga ia berharap para peserta agar datang lebih awal, setidaknya 30 menit sebelum tes tertulis dimulai, peserta sudah hadir dilokasi. ”Kepada peserta jangan sampai terlambat, pelaksanaan tes tertulis ini diawasi oleh Komisioner dan dan Bawaslu. Nah soal kami jamin tidak bocor,” tegasnya. (618)