Harga Tiket Pesawat Turun

Foto : Ist

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Masyarakat Bengkulu patut berbahagia karena harga tiket pesawat untuk rute domestik kembali turun. Jika sebelum tahun baru harga tiket kelas ekonomi masih menyentuh harga Rp 800 ribu ke atas, memasuki minggu kedua Januari 2019 ini harga tiket pesawat dijual dengan harga Rp 432 ribu untuk rute Bengkulu-Jakarta.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bengkulu, Drs Darpinuddin mengapresiasi, maskapai penerbangan Low-cost carrier (LCC) karena telah bersedia menurunkan harga tiket pesawat. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan jumlah penumpang pesawat di Bandara Fatmawati Bengkulu. Pasalnya sejak harga tiket mahal, penurunan penumpang mencapai 30 persen lebih. Kondisi ini membuat aktivitas penerbangan di Bandara Fatmawati menjadi tidak kondusif.

“Kita berharap dengan adanya penurunan tarif tiket pesawat ini membuat orang kembali memilih angkutan udara sebagai transportasi pilihan,” kata Darpinuddin, kemarin (12/1).

Ia mengaku, meskipun penurun harga tiket hanya terjadi untuk rute penerbangan Bengkulu-Jakarta dan Jakarta-Bengkulu, namun hal tersebut sudah cukup baik baik perkembangan daerah. Sehingga mampu menumbuhkan perekonomian yang ada di daerah. “Tiket murah ini semoga bisa menumbuhkan sektor ekonomi dan pariwisata di daerah,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Bengkulu, Sony Adnan berharap, penurunan harga tiket diharapkan dapat memajukan industri pariwisata di daerah. Karena persoalan harga tiket pesawat yang mahal sudah membuat masyarakat menderita dan enggan berkunjung ke Bengkulu. Imbasnya kunjungan wisatawan ke daerah juga sedikit. “Kalau tiket mahal masyarakat juga malas ke Bengkulu, ngapain ke sini, mending ke daerah lain,” tuturnya.

Ia mengaku, industri pariwisata menyambut gembira harga tiket pesawat turun. Sehingga pariwisata di Bengkulu juga akan semakin maju dan menjadi destinasi wisata favorit di daerah. Apalagi, destinasi wisata di Bengkulu juga cukup lengkap mulai dari wisata alam, sejarah, hingga budaya. “Ini mudah-mudahan, awal kemajuan pariwisata di daerah,” tutupnya.

Sementara itu, Salah satu pengguna moda transportasi pesawat, Lia mengaku, senang dengan adanya penurunan harga tiket pesawat tersebut. Bahkan Ia mengaku, hampir dua tahun baru kali ini mendapatkan harga tiket pesawat yang cukup murah. “Sekarang harga tiket pesawat domestik sudah murah lagi ya, aku syok sekaligus terharu melihatnya. Bisa pulang kampung lagi,” tutupnya.(999)