Harga TBS Stabil

Petani mengharapkan harga sawit tetap stabil demi kesejahteraan petaniMUKOMUKO, BE – Petani sawit di wilayah Kabupaten Mukomuko, mengharapkan harga tandan buah segar (tbs) tidak mengalami penurunan. Meskipun nantinya  ada penurunan. Diharapkan harga tidak jauh berbeda dengan daerah lain. ” Keinginan petani, harga TBS dipasaran tetap stabil,” ujar Ketua Gabungan Petani Sawit (GPS) Mukomuko, Ir Khairul Siregar dikonfirmasi Bengkulu Ekspress.
Hingga kemarin, (14/2) harga masih bertahan Rp 1.650 ribu/kg. Harga tersebut dinilai cukup mengembirakan. Dimana harga bersih yang diterima petani mencapai Rp 1.450 ribu/kg. “ Saya menilai harga yang diterima bersih petani Rp 1.450 ribu/kg, ini setelah adanya pemotongan biaya transportasi dan  bongkar muat itu cukup mengembirakan,” katanya.
Harga itu diharapkan tetap bertahan, walaupun nanti adanya penurunan harus ada pemberitahuan yang jelas. Seperti apakah memang adanya penurunan harga CPO dunia atau hal lainnya. Sebagaimana diketahui sawit merupakan tanaman andalan dan sumber pendapatan rakyat khususnya warga di daerah itu. ” Jika TBS harganya semakin tinggi, kesejahteraan petani akan meningkat, dan hal itu akan mengurangi angka kemiskinan,” tukasnya.  (900)