Harga TBS Semakin Anjlok

PUTRI HIJAU, BE- Petani  kelapa sawit mengeluhkan harga jual komoditi ini yang terus mengalami penurunan harga. Beberapa desa di Kecamatan Putri Hijau harga Tandan Buah Segar Sawit (TBS) yang dijual petani turun sampai Rp.750/kg. Penyebab anjloknya harga dikarenakan petani tidak bisa secepatnya TBS dijual ke pabrik, hingga TBS terlalu lama dipetik mangakibatkan turunnya kualitas dan harga jual.”Dari harga jual Rp 1000/kg saat ini terus mengalami penurunan hingga Rp 800/kg,”ungkap Sekdes Karang Pulau, Slamet Suwondo.

Kondisi yang tidak menggembirakan bagi petani sawit ini, dirasakan juga di desa lain di Putri Hijau. Seperti di Desa Suka Maju Kecamatan Putri Hijau, harga TBS yang  justru lebih tragis lagi karena penurunannya sangat tajam.”Di Suka Maju harga turun sampai Rp750/kg, bahkan ada yang Rp 700/kg. padahal seminggu yang lalu sempat Rp.850/kg, mas,” ungkap Kadun I Desa Suka Maju, Sakidi.

Rata-rata permasalahan penyebab hingga turunnya harga TBS ini  karena faktor cuaca dan jalan kebun yang tidak baik. Cuaca musim penghujan menjadi sebab TBS yang sudah dipetik mengalami percepatan proses pematangan dan mudah busuk. Sementara lokasi jalan kebun akibat hujan menjadi becek dan sulit dilalui untuk keperluan angkut TBS kian memperparah keadaan. (919)