Harga TBS di BU Tembus Rp 2.110/Kg

Dengan terus naiknya harga minyak CPO, berdampak dengan naiknya harga TBS. Di Kabupaten BU, harga TBS tembus diangka Rp 2.110/Kg.

ARGA MAKMUR, bengkuluekspress.com – Hingga akhir bulan Maret 2021 ini, harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit di Kabupaten Bengkulu Utara (BU) terus mengalami kenaikan. Saat ini harga TBS di tingkat Pabrik Kelapa Sawit (PKS) yang ada di Kabupaten BU mencapai angka Rp 2.110,-/kg.

Kepala Dinas Perkebunan Ir Buyung Azhari melalui Kabid Bina Usaha Desman Siboro mengatakan, bahwa memang dari awal tahun 2021 harga TBS terus merangkak naik. Kenaikan ini terjadi disebabkan harga minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) mulai juga terus naik dikarenakan kebutuhan terhadap buah sawit yang cukup tinggi oleh pabrik pengolahan minyak mentah atau CPO.

“Karena memang harga dari minyak CPO tinggi maka dari itu, untuk harga TBS terus merangkak naik,” kata Desman.

Desman menambahkan, bahwa untuk harga tertinggi hingga saat ini TBS mencapai Rp 2.110,-/Kg. Harga tersebut di PKS yakni PT Alno Sumindo, sedangkan PT MPM Puding Mas Rp 2.100,-/kg dan PT K3 Ketahun, PT SIL diangka Rp 2.005,-/Kg serta PKS lainnya yakni PT Sawit Mulya Rp 1.955,-/kg.

“Untuk harga tertinggi sudah ada mencapai Rp 2.110,-/Kg yakni di PT Alno Sumindo,” ungkapnya.

Dengan kondisi yang masih pandemi Covid-19, tentunya dirinya berharap kenaikan harga ini dapat terus bertahan. Selain itu, dirinya juga mengimbau kepada seluruh para petani sawit agar dapat menjual langsung ke PKS, jangan melalui toke atau tengkulak, karena harga jual lebih murah dibandingkan langsung jual ke pabrik.

“Kita hanya dapat mengimbau kepada para petani agar dapat menjual langsung ke pabrik jangan melalui tengkulak atau toke,” tukasnya. (127)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*