Harga TBS di Bengkulu Selatan Terus Naik

ANTRE: Truk pengangkut TBS saat mengantre sebelum masuk pabrik PT SBS, Senin (2/11).

KEDURANG ILIR, bengkuluekspress.com – Petani sawit di Bengkulu Selatan (BS) saat ini semakin bergairah. Pasalnya harga buah tandan segar (TBS) terus mengalami kenaikan. Bahkan dalam satu minggu terakhir ini sudah 4 kali harganya naik.

“Saat ini harga TBS Rp 1.700 per kg,” kata Humas PT Bengkulu Sawit Lestati (BSL) di Desa Air Sulau, Kedurang Ilir, Idius Syafari SH, Senin (2/10).

Dikatakan Idius harga TBS sebelumnya berada di level Rp 1.580 per kg. Kemudian sehari kemudian harganya naik ke angka Rp 1.630 per kg. Lalu kembali naik ke angka Rp 1.680 per kg. Saat ini sudah naik kembali ke harga Rp 1.700 per kg. Dengan sudah 4 kali mengalami kenaikan harga TBS ini, Idius memprediksi harga TBS akan terus merangkak naik. Sebab harga CPO saat ini terus baik.

“Saya yakin akan naik lagi, sepertinya nanti bisa mencapai Rp 2 ribu per kg,” ujarnya.

Dijelaskan Idius, kenaikan harga TBS ini dipicu lantaran harga CPO dunia juga mengalami kenaikn, ditambah lagi saat ini kualitas TBS dari perkebunan warga semakin bagus. Bahkan buah yang masuk ke PT SBS juga selalu normal.

Adapun kebutuhan buah sawit setiap hari selalu terpenuhi. Dikatakannya, saat ini, PT SBS mampu memproduksi sawit sebanyak 600 hingga 700 ton perhari. Ditambah lagi saat ini harga terus merangkak naik, sehingga petani sawit di BS semakin bergairah. Dengan begitu, minat warga untuk bertani sawit juga semakin bertambah.

“Harga saat ini menjadikan petani sawit di BS semakin semangat, semoga ke depan perekonomian mereka semakin meningkat,” harap Idius. (369)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*