Harga Sawit Terus Naik

BUDI/Bengkulu Ekspress
TERUS NAIK: Harga TBS kelapa sawit terus mengalami kenaikan dan membahagiakan petani.

MUKOMUKO,Bengkulu Ekspress – Harga beli tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di tingkat pabrik-pabrik di Kabupaten Mukomuko terus menunjukan kenaikan. Rata-rata pabrik membeli diatas Rp 1.200 per kilogram.

Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Heri Prastyono didampingi Kabid Perkebunan, Erry Siagian melalui Kepala Seksi Kemitraan dan Perizinan Budidaya Perkebunan, Sudianto menyampaikan, naiknya harga beli sawit merupakan hal yang sangat positif dan ditunggu para petani sawit.

Pasalnya, naik dan turunnya harga tersebut sangat berdampak bagi peningkatan perekonomian masyarakat, dan sebaliknya. Menurutnya, PT Sapta membeli TBS petani Rp 1.285 per kilogram,PT KSM Rp 1280,PT MIL Rp 1280,PT AMK Rp 1.285,PT SAP Rp 1210,PT KAS Rp 1280,PT DDP Rp 1280. Kemudian PT USM Rp 1370,PT BMK Rp 1360,PT GSS Rp 1340.



“Hanya PT SSS yang tidak melapor pembelian TBS petani ke OPD tersebut,”ujarnya.

Ia juga menyampaikan, harga tersebut terbilang cukup tinggi dan lumayan bagi para petani. Namun, ia mengingatkan, kepada petani sawit tidak terlena. Pasalnya, harga tersebut tidak bisa diprediksi.

”Bisa naik dan turun Dengan harga yang lumayan tinggi ini, diharapkan petani lebih memaksimalkannya Seperti panen dan jual langsung ke pabrik Jika menggunakan jasa buruh panen dan melalui pedagang pengumpul Hasil penjualan TBS itu akan lebih sedikit diterima petani, karena ada potongan angkutan dan upah buruh,” ungkap Sudianto.(900)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*