Harga Sawit Rp 750 Per Kg

PUTRI HIJAU, BE – Ini adalah kabar berita yang tidak mengenakkan khususnya bagi petani kelapa sawit di Putri Hijau dan sekitarnya.  Pasalnya harga jual sawit diterima petani kian anjlok hingga Rp. 750/kg.  Hal ini diketahui dari perkembangan nilai jual sawit yang diterima petani khususnya di Desa Suka Maju Kecamatan Putri Hijau.

“Harga jual Tandan Buah Segar dari petani yang dijual kepada beberapa toke sawit hanya dibayar Rp.750/kg mas, semakin turun harganya dibanding minggu kemarin,” ungkap salah seorang petani sawit yang juga Kepala Dusun I Desa Suka Maju, Sakidi, kemarin (9/10).

Perkembangan harga jual salah satu komoditi yang menjadi kebanggaan masayarakat petani perkebunan saat ini, sejak pertengahan puasa kemarin secara signifikan menunjukkan perkembangan kian merosot. Hal ini didasarkan pada perbandingan satu bulan sebelum fluktuasi harga sawit menimpa petani, dimana saat itu mampu menembus pada angka penjualan dengan harga mencapai Rp. 1250/kg.

“Beberapa warga masyarakat petani sawit sangat mengeluhkan kondisi harga yang semakin anjlok,” lanjut Sakidi.

Jika fluktuasi ke arah minus yang terjadi bakal berkepanjangan, dimungkinkan mempengaruhi kelangsungan hidup keluarga petani sawit.  Tidak saja berakibat pada upaya mencukupi kebutuhan keluarga, pun bakal mempengaruhi upaya memenuhi kebutuhan lain.  Misalnya, pada keberlangsungan pendidikan sekolah anak-anak petani sawit, pemenuhan kebutuhan bidang kesehatan dan lain-lain.

Sebagai salah satu pemuka masyarakat, Sakidi hanya mampu menyuarakan keluhan dan harapan, sebab yang menentukan harga sawit adalah perusahaan pembeli tandan buah segar.

  “Saya yakin, jika perusahaan tidak menurunkan harga tidak mungkin para pembeli TBS turut menurunkan. Di saat seperti ini hanya bisa berharap fluktuasi harga bisa kembali stabil normal, mas,” harapnya. (919)