Harga Sawit Rp 1.071/kg

sawit
Foto : IST

MUKOMUKO,Bengkulu Ekspress – Kabar gembira bagi petani sawit di Kabupaten Mukomuko. Pasalnya, mayoritas pabrik di daerah tersebut membeli tandan buah segar (TBS) petani mayoritas di atas penetapan harga tim perumus tingkat provinsi sebesar Rp 1.071/kg dengan toleransi lima persen.

“Harga beli TBS di tingkat pabrik di daerah ini mayoritas di atas harga penetapan tim,” kata Kepala Distan Kabupaten Mukomuko, Arif Isnawan melalui Kepala Seksi Kemitraan, Perizinan dan Budidaya Tanaman Perkebunan, Sudiyanto dikonfirmasi Bengkulu Ekspress, kemarin (3/9).

Menurutnya, PT Sapta membeli TBS petani sebesar Rp 1.020 per kilogram, PT USM Rp 1.100, PT KSM Rp 1.070, PT MIL Rp 1.060 , PT AMK Rp 1.075, PT SAP Rp 1.110, PT KAS Rp 1.060, PT DDP Rp 1.060 dan PT GSS sebesar Rp 1.110 per kilogram. “Mayoritas pabrik menaikan harga Rp 20-30 per kilogram dan berlaku di tingkat pabrik,”ujarnya.



Menurutnya, meskipun harga TBS dibeli pabrik secara perlahan naik. Pabrik hanya membeli TBS petani dengan harga Rp 1.140 per kilogram. Pihaknya tetap melakukan pengawasan dan mengingatkan kepada pabrik-pabrik tidak membeli TBS petani jangan di bawah penetapan tim.

”Kita tetap mengawasi, dengan harapan harga TBS terus merangkak naik. Karena akan berdampak positif untuk peningkatan perekonomian masyarakat,”ungkapnya.

Terpisah, Petani sawit Kota Mukomuko, Yanto mengatakan, harga TBS beli pabrik masih terbilang murah. Karena harga yang diterima petani belum menguntungkan. Karena banyak biaya yang harus di keluarkan.

Di antaranya biaya panen dan pemeliharaan. “Meskipun banyak petani menjual TBS melalui pedagang pengumpul maupun toke, minimal petani menerima bersih Rp 1.100 per kilogram. Harapan kami harga terus merangkak naik,”harap Yanto.(900)