Harga Sawit di Mukomuko Tembus Rp 1.500/kg

MUKOMUKO,  bengkulu ekspress.com – Harga komoditi tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Kabupaten Mukomuko terus memberikan harapan bagi petani untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan. Sebab terhitung hari ini Sabtu (25/7), harga sawit yang dibeli pabrik tembus Rp 1.500/kg.
“Satu pabrik yang membeli TBS petani dengan harga Rp 1.500/kg,” kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Heri Prastyono SSTP MSi melalui Kepala Seksi Perizinan, Kemitraan Budi Daya Tanaman Perkebunan, Sudiyanto SP.

Menurutnya, sejak beberapa hari lalu, harga TBS terus merangkak naik meskipun kenaikan tidak signifikan atau rata – rata pabrik menaikan Rp 30 hingga Rp 60/kg. Namun kenaikan harga tersebut memberikan hal positif bagi petani di daerah ini. PT SAPTA membeli TBS petani sebesar Rp. 1.370/kg, PT KSM Rp 1.430/kg, PT MMIL Rp 1.430/kg, PT SAP Rp 1.400/kg, PT KAS Rp 1.430/kg, PT DDP Rp 1.460/kg, PT BMK Rp 1.490/kg, PT GSS Rp 1.490/kg dan pabrik tertinggi membeli TBS petanai adalah PT USM yang tembus dengan harga Rp 1.500/kg.

Ia memprediksi, jika melihat kondisi saat ini masih ada peluang harga sawit di daerah ini kembali lagi. Karena, informasi yang diperoleh penjualan minyak mentah atau CPO mulai membaik. Karena naik dan turunnya harga TBS yang dibeli pabrik sangat dipengaruhi dengan harga pasaran minyak mentah di pasar dunia.
“Harga – harga tersebut berlaku jika petani langsung menjual ke pabrik. Jika menjual melalui pedagang pegepul atau toke, harga yang diterima petani lebih murah,” demikian Sudi. (900)