Harga Sawit di Mukomuko Bertahan Tinggi

BUDI/BE
Harga buah sawit yang di beli pabrik di Mukomuko bertahan cukup tinggi.

MUKOMUKO, bengkulu ekspress.com – Petani kelapa sawit di Kabupaten Mukomuko patut bersyukur. Pasalnya, tanaman andalannya di beli sejumlah pabrik bertahan dengan harga tinggi atau di atas Rp 1.600/kg.
“Sejak tiga hari lalu hingga hari ini (kemarin), harga buah sawit yang di beli sejumlah pabrik di daerah ini masih bertahan cukup tinggi,” ungkap Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Junaidi melalui Kepala Seksi Perizinan, Kemitraan Budidaya Tanaman Perkebunan, Sudianto SP.

Disampaikannya, di pabrik PT Sapta membeli buah sawit petani kebun diangka Rp 1.600/kg, PT MMIL Rp 1.660, PT SSS Rp 1.650, PT SAP Rp 1.620, PT KAS Rp 1.660, PT DDP Rp 1.690, PT BMK Rp 1.720, PT GSS Rp 1.720, PT USM Rp 1.730 dan PT BMK Rp 1.720/kg. Meskipun harga beli di sejumlah pabrik bervariasi, dan jika petani langsung menjual ke pabrik, maka hasil yang didapati lumayan tinggi.
“Petani sawit disarankan langsung menjual ke pabrik, jika melalui toke atau pedagang pengepul harga yang diterima petani lebih murah,” katanya.

Meskipun harga beli buah sawit saat ini ada kenaikan, pihaknya belum dapat memastikan apakah harga tersebut akan bertahan hingga minggu depan atau tidak. Sebab untuk patokan harga sawit tidak bisa dijamin bertahan lama.
“Harga buah sawit tidak bisa kami prediksi dan dijamin. Hari ini (kemarin) harga naik dan besok bisa saja turun lagi,” katanya.

Ia juga menyampaikan, naik dan turun harga beli buah sawit di tingkat pabrik disebabkan banyak faktor. Salah satunya pabrik mengikuti harga pasaran CPO dunia. Jika harga di pasaran naik, pembelian buah sawit ikut naik dan sebaliknya. (900)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*