Harga Lele Anjlok

lele 1PUT, BE– Sejumlah pembudidaya  ikan lele di Desa Belumai 1 Kecamatan Padang Ulak Tanding  (PUT) mengeluhkan anjloknya harga  ikan lele.  Sehingga mereka menjadi rugi dan kesulitan untuk memasarkannya.
Salah satu peternak ikan lele, Heru (50) mengatakan sebelumnya harga ikan lele mencapai Rp 16 ribu sekarang hanya Rp  12 ribu.  “Saya setidaknya satu kali panen dari bibit 300 Kg bisa mencapai 1Ton lebih tapi dengan harga Rp 12 ribu bisa diprediksi rugi dikarenakan harga pakannya sudah mahal,” ujarnya.
Terkait hal ini,  Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Pemkab Rejang Lebong,  Amrul Ebi  mengkaui bahwa turunnya harga ikan lele di tingkat petani karena banyaknya kiriman ikan dari luar kota . Selain itu, sudah banyak masyarakat membudi dayakan ikan lele sendiri perawatannya sangat mudah.
“Saat ini permintaan daya beli masyarakat sangat sedikit di karenakan faktor ekonomi masyarakat lagi anjlok, harapan kita bagi peternak ikan lele harus bersabar jika harga sedang turun  di pelihara dulu, ” katanya.
Pihaknya memberikan program bagi peternak ikan  sudah lewat masa jual atau ukuranya sudah besar kita sarankan untuk membuat Abon dari daging ikan lele .(222)