Harga Karet Tertinggi di Mukomuko Rp 10 Ribu/kg

ilusterasi

MUKOMUKO,bengkuluekspress.com – Harga penjualan getah karet petani di Kabupaten Mukomuko tertinggi sebesar Rp 10 ribu/kg dengan dengan kualitas getah bersih. Sedangkan harga getah karet terendah Rp 8 ribu/kg.
“Harga tertinggi di wilayah Kecamatan Ipuh masih bertahan di harga Rp 10 ribu/kg dengan kualitas getah bersih. Sedangkan getah karet campuran harganya berkisar Rp 8.000 – 9.000/kg,” ujar Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Apriansyah melalui Kepala Seksi Perizinan, Kemitraan Budidaya Tanaman Perkebunan, Sudiyanto.

Ia menjelaskan, sedangkan untuk di wilayah Kecamatan Air Rami Rp 9.000 – 9.500/kg dan Kecamatan V Koto Rp 8.000 – 8.500/kg.
“Untuk harga getah karet di setiap kecamatan bervariasi. Secara keseluruhan untuk saat ini harga getah menunjukan kenaikan,” katanya.

Ia belum dapat memastikan, apakah harga jual komoditi karet masih berpeluang naik atau tidak. Selanjutnya toke yang membawa getah karet tersebut untuk di jual langsung ke pabrik yang berada di luar Kabupaten Mukomuko. Harga getah karet itu dibeli ditingkat toke dan petani lebih memilih menjual ke toke, karena hitung-hitungan lebih menguntungkan daripada menjual langsung ke pabrik. “Hitung-hitungan petani lebih menguntungkan menjual ke toke, yang disesuaikan dengan jumlah getah yang dijual setiap petani tidak terlalu banyak,” bebernya.

Ia mengimbau, kepada masyarakat petani karet supaya dapat memanfaatkan harga karet yang cukup lumayan tinggi. Karena beberapa bulan terakhir harga beli getah karet ditingkat petani rata-rata di bawah Rp 7 ribu/kg.
“Harga saat ini lumayan tinggi, diimbau petani karet dapat memaksimalkan menjual getah karetnya,” ungkapnya. (900)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*