Harga Ikan Laut Naik Signifikan

NAIK: Harga ikan laut  yang dijual pedagang di Kabupaten Mukomuko, kemarin (7/5/2017)  mengalami kenaikan.
NAIK: Harga ikan laut yang dijual pedagang di Kabupaten Mukomuko, kemarin (7/5/2017) mengalami kenaikan.

SAAT ini harga ikan laut yang dijual di pasar tradisional di wilayah Mukomuko, mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Rata – rata ikan di jual diatas Rp 40 ribu/kg. Alasan pedagang yang menjual  dikarenakan nelayan setempat banyak tidak melaut yang disebabkan angin kencang dan gelombang tinggi  menerjang diperairan tersebut. Sehingga  ikan banyak didatangkan dari luar Mukomuko, seperti ikan tongkol, aso-aso, belato biasa dijual  rata – rata harga  Rp 25 – 30 ribu per kg. Tetapi harga ikan itu sudah mencapai diatas Rp 40 ribu per kg.

Sekretaris Nelayan Pantai Indah Mukomuko (PIM), Sahrial alias Buyung dikonfirmasi Bengkulu Ekspress, kemarin  (7/5)  mengatakan, saat ini nelayan  PIM panen ikan tri bungo. Untuk ikan  tongkol dan belato hanya sedikit. Sedangkan ikan  jenis lain  yang dijual di pasar tradisional di daerah ini kemungkinan besar banyak di datangkan dari luar daerah. Seperti ikan kelang – keling,  tongkol, gembolo, ikan sarai dan beberapa jenis ikan lainnya. Harga ikan tri bungo kering di jual nelayan di lokasi sebesar Rp 500 ribu per 60 kg. Jikalau sudah dikeringkan di jual Rp 40 ribu/kg. Ikan tongkol Rp 15 – 20 ribu/kg, belato Rp 10 – 15 ribu/kg.

“Khusus nelayan  PIM saat ini panen ikan tri bungo. Jikalaupun banyak ikan jenis lain yang di jual pedagang pengecer di pasaran kemungkinan dari luar daerah,” katanya. Dari hasil tangkapan nelayan jenis ikan tri bungo  nelayan cukup lumayan mendapatkan  hasil dari penjualan dengan harapan  hasil tangkapan nelayan semakin  banyak. (900)