Harga Daging Sapi Naik

IRUL/Bengkulu EkspressPEDAGANG: Salah satu penjual daging sapi di sekitar lapangan Merdeka Kota Bintuhan Kecamatan Kaur Selatan, Jum’at (26/4).

KAUR SELATAN, Bengkulu Ekspress– Harga daging sapi di pasar tradisional Kabupaten Kaur mengalami kenaikan. Fenomena ini terjadi beberapa hari menjelang datangnya bulan suci Ramadan. Dimana saat ini harga daging sapi dijual sudah menembus Rp 130 ribu per kilogram.“Beberapa minggu lalu harga daging sapi ini hanya Rp 120 ribu per kilogram, tapi menjelang puasa ini naik menjadi Rp 130 ribu,” ujar Bobi (46), salah seorang pedagang daging sapi di depan lapangan Merdeka kemarin, (26/4).

Dikatakannya, menjelang bulan puasa ini tidak hanya harga daging sapi yang mengalami kenaikan, namun juga daging ayam potong hingga kemarin dijual dengan harga Rp 45 ribu perkilogram. Lonjakan harga ini diperkirakan akan dialami sejumlah kebutuhan bahan pokok lainnya berupa Sembako.“Naiknya harga daging ini karena harga beli sapi segar sudah lumayan tinggi. Sehingga kami tidak ada pilihan lain selain menaikan harga jual,” ujarnya.

Ditambahkanya, harga ini tidak jauh melonjak dari tahun sebelumnya yang dihargai Rp 120 ribu perkilogram. Para penjual daging di lapangan Merdeka kemarin, penjual masih menjajakan daging segar hingga menjelang sore hari. “Biasanya harga daging ini terus naik sampai mau masuk puasa nanti, paling tinggi biasanya kami jual harga daging sapi ini Rp 150 ribu perkilogram,” ujarnya.

Gita (37), seorang ibu rumah tangga kecamatan Kaur Selatan mengaku, menjelang masuknya bulan suci Ramadan sejumlah kebutuan Sembako lain juga ikut naik, diantaranya harga bawang merah saat ini sudah mencapai Rp 45 ribu perkilonya. “Ini setiap mau bulan pauasa naik terus, bahan pokok semunya naik, biasanya harga ini mulai normal lagi habis lebaran,” tandasnya. (618)