Harga Daging Rp 100 Ribu/Kg

RATU SAMBAN, BE – Menjelang puasa dan pasca kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) menyebabkan harga daging sapi dan ayam broiler di  pasar tradisional Kota Bengkulu, naik signifikan.  Harga ayam, pagi kemarin menembus angka Rp 38 ribu/kg  dan  harga daging tembus  Rp 100 ribu/kg.
“Harga ayam sudah berulang kali mengalami kenaikan, sebelum BBM naik berkisar Rp 27 ribu kemudian BBM naik  harga mengalami kenaikan, begitu juga  menjelang puasa harga kembali naik.  Saat ini   harga  ayam Rp 38 ribu/kg,” ungkap Wusnah pedagang di Pasar  KZ Abidin II, kemarin.
Tingginya permintaan saat ini justru membuat  pasokan   ayam  mengalami kendala, ia juga membantah telah menyetok ayam  menjelang puasa.   “Pagi ini saya menyediakan 70 ekor ayam, namun pagi ini terjual  15 ekor, dan semakin  sore  maka akan semakin banyak yang mencari,” katanya.
Tak hanya daging ayam yang mengalami kenaikan permintaan daging sapi pun mengalami hal yang serupa.   “Kenaikan ini baru hari ini, normalnya Rp 80-90 ribu,” kata Edi, pedagang daging sapi.
Menurut Edi, kenaikan itu disebabkan permintaan yang tinggi, sedangkan stok menipis.   “Stok sapi sudah  sedikit, satu sapi saja kita bagi  dengan pedagang lain,” katanya. (247)