Harga Cabai Kian Pedas

cabai_pedasKEPAHIANG, BE – Harga cabai merah di Kabupaten Kepahiang mulai terasa pedas dirasakan oleh sejumlah ibu rumah tangga (IRT). Pasalnya, harga ditingkat petani pengumpul cabai saja, saat ini sudah mencapai Rp 20 ribu per kg nya dari harga sebelumnya yang hanya berkisar Rp 10 ribu sampai dengan Rp 12 ribu per kg nya.

“Biasanya saya membeli cabai langsung kepetani nya. Hanya saja saat ini ditingkat petani sudah menjual dengan harga Rp 18 ribu sampai dengan Rp 20 ribu per kg nya,” ujar Levy IRT warga desa Tebat Monok Kepahiang.

Dikatakannya, kenaikan harga cabai merah ini sudah terjadi sejak sepekan terakhir.

“Pasokan cabai banyak dipasaran, hanya saja sejak sepekan ini harganya sudah mulai meranjak naik,” teranganya.

Sementara itu, salah satu petani cabai di Kecamatan Seberang Musi, Wanto (45) menyampaikan pasokan cabai ditingkat petani saat ini tengah melimpah. Hanya saja beberapa pengumpul cabai dari Kota Bengkulu melakukan pembelian cabai dengan partai besar kepada pihaknya.

“Karena kebutuhan dari pihak pengumpul cabai meningkat, maka harga cabai ditingkat petani menjadi naik. Mungkin pihak pengumpul ada spekulasi untuk mengumpulkan cabai menjelang bulan puasa ini,” katanya.

Menurutnya, saat ini sebagian besar petani cabai di Kecamatan Seberang Musi dan Kabawetan tengah melakukan panen cabai , dengan masa tanam pada akhir bulan Januari lalu.

“Sebenarnya kami selaku petani cabai saat ini tengah musim panen, kalau harapan kami harga cabai bisa cepat naik sehingga pasokan cabai saat bulan puasa mendatang bisa stabil dipasaran,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Disperindag dan UKM Kepahiang Mukhtar Yatib SPd menyampaikan dari hasil pengamatan rutin pihaknya terhadap harga Sembako dan komoditi lainnya di pasar-pasar di Kepahiang masih stabil. Seperti harga beras lokal yang berasal dari Pasmah, Lebong dan Kepahiang tetap pada harga Rp 9500/kg, untuk beras Lampung Jawa Rp 9.400/Kg, beras Asalan Rp 8.500/Kg. Kemudian untuk minyak goreng curah Rp 11.000/Kg, gula pasir Rp 10.000/Kg, daging sapi Rp 90 ribu sampai Rp 95 ribu per kilo, bawang merah Rp 20 ribu per Kg dan bawang  putih Rp 15 ribu per Kg.
“Dari pemantauan kita tehadap harga Sembako dan hasil pertanian lainnya dipasaran masih terbilang wajar,” jelasnya.(505)