Harga Beras Turun

beras ampera
TURUN: Harga jual beras di pasar Ampera saat ini sudah turun.

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Paska Hari Raya idul fitri, saat ini harga kebutuhan pokok warga sebagian berangsur turun. Sehingga warga dapat kembali membeli kebutuhan pokok sesuai dengan harga sebelum idul fitri.

“ Saat ini harga beras turun,” kata Yoyon (41) pedagang beras Pasar Ampera.

Yoyon mengatakan, sebelumnya harga beras Rp lokal Rp 11 ribu per kg atau Rp 33 ribu per kulak, saat ini tinggal Rp 10.500 per kg atau Rp 31.500 per kulak. Beras IR biasanya seharga Rp 10.500 per kg, saat ini sudah menjadi Rp 10.000 per kg. Turunnya harga beras ini, lantaran saat ini sebagian petani sudah ada yang selesai panen dan ada juga yang sedang panen.

“ Untuk stok beras saat ini aman dan tidak langkah,” ujarnya. Tidak hanya harga beras, harga rempah-rempah juga ada yang mengalami penurunan, seperti harga bawang merah yang sebelumnya Rp 36 ribu per kg, saat ini hanya Rp 32 ribu per kg. Namun harga cabai merah mengalami kenaikan dari sebelumnya Rp 25 ribu per kg, saat ini sudah menjadi Rp 28 ribu per kg.

“ kenaikan harga cabai karena pasokan dari luar berkurang,” ujar Edi (27) pedagang rempah sekaligus cabai di Pasar Ampera.

Sementara itu, Buyung (36) pedagang daging mengatakan, harga daging saat ini sudah mengalami penurunan. Dikatakannya, jika sebelumnya harga daging sebesar Rp 140 ribu per kg. Namun saat ini sudah menjadi Rp 130 ribu per kg. “ Saat ini harga daging sapi turun Rp 10 ribu per kg dari harga saat idul fitri,” ujar Buyung. (369)