Harga Beras Naik, Cabai Turun

pedagang beras
JUAL: Pedagang beras Pasar Ampera sedang menunggu pembeli.

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Harga beras di pasaran sudah mulai merangkak naik. Hal itu diketahui dari harga beras ditingkat pengecer di Pasar Ampera.

Wita (47), salah satu penjual beras Pasar Ampera, menyampaikan, jika selama ini menjual beras dengan harga Rp 23 ribu hingga Rp 24 ribu per kulak, saat ini sudah bisa dengan harga Rp 26 ribu hingga Rp 28 ribu per kulak.

Kenaikan harga tersebut, sambung Wita lantaran harga jual di tingkat petani juga mulai naik, karena musim panen petani sudah hampir berakhir.

Kalau harga beras naik, lain halnya dengan harga cabai. Pasalnya harga cabai saat ini turun. Dikatakan Nengsih (30), pedagang cabai Pasar Ampera, jika sebelumnya dirinya menjual cabai dengan harga Rp 18 ribu hingga Rp 21 ribu per kg, kini harganya sudah Rp 15 ribu hingga RpĀ  14 ribu per kg.

Turunnya harga cabai ini, sambung Nengsih, karena saat ini jualan cabai di pasar melimpah. Dengan begitu warga akan memilih cabai dengan harga terendah. Akibatnya penjual juga menurunkan harga jual. Disamping itu, penurunan harga jual cabai di tingkat pengecer, juga karena harga beli dari petani cabai juga turun.(369)