Harga Beli Sawit Menurun

sawit
Foto : IST

MUKOMUKO,Bengkulu Ekspress – Investor di bidang minyak mentah kelapa sawit yang berinvestasi di Kabupaten Mukomuko mengaku sejak beberapa pekan lalu membeli tandan buah segar (TBS) yang di jual ke pabrik terus mengalami penurunan.

“Sejak beberapa pekan lalu harga TBS petani kita beli lebih murah. Hal tersebut terjadi di seluruh pabrik khususya di kabupaten Mukomuko,”

aku Manajer PT Usaha Sawit Mandiri yang beroperasi di wilayah Kecamatan Lubuk Pinang, Lagiman dikonfirmasi Bengkulu Ekspress. Turunnya harga TBS, kata Lagiman, disebabkan harga pasaran minyak CPO dunia mengalami penurunan, mobil angkutan CPO mengantri di pelabuhan. Seperti di pelabuhan Teluk Bayur, Padang dan sejumlah pelabuhan lainnya.

”Antrinya truk pengangkut CPO di karenakan minyak mentah yang akan di jual tersebut juga menumpuk,”katanya.

Ia menyampaikan, harga TBS bisa kembali naik. Ini jikalau harga pasar minyak CPO dunia juga mengalami kenaikan.“Pabrik membeli TBS juga berdasarkan harga minyak CPO dunia di pasaran. Jika harganya mengalami kenaikan dan lumayan tinggi, TBS yang dibeli juga merangkak naik dan sebaliknya,”bebernya.

Hingga kemarin (3/7), buah sawit yang di jual petani ke pabrik terus bertambah dan menumpuk. “Khusus di pabrik yang ia pimpin, berapapun TBS yang di jual petani tetap diterima dengan harga lebih murah, yakni Rp Rp 1.050 per kilogram,”ungkap Lagiman.(900)