Harga Bawang Putih dan Ayam Turun

BUDI/Bengkulu Ekspress TURUN: Harga bawang putih turun dan kebutuhan lainnya masih stabil.

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress– Harga bawang putih dan ayam potong yang dijual pedagang di pasar tradisional di Kabupaten Mukomuko mengalami penurunan yang signifikan. Sebelumnya harga bawang putih mencapai Rp 100 ribu perkilogram.Kemarin (12/5), harga mengalami penurunan dan dijual pedagang Rp 50 ribu perkilogram. Sedangkan harga ayam potong dari Rp 45 ribu menjadi Rp 37 ribu perkilogram.

Pedagang bawang, Yanto mengatakan, turunnya harga jual bawang putih dikarenakan ia dan pedagang lainnya membeli dengan harga yang lebih murah.Sehingga barang yang dijual ke konsumen juga lebih murah dari sebelumnya.



Ditanya apakah turunnya harga bawang putih dikarenakan adanya distribusi dari pemerintah provinsi, Yanto mengaku, ia tidak mengetahui pasti terkait hal tersebut. Yang jelas bawang putih yang di beli ke pedagang pengumpul ataupun distributor mengalami penurunan. Sehingga harga yang dijual dipasaran juga turun harga atau tidak tinggi seperti harga sebelumnya.

“Kalau mengenai itu saya tidak tahu.Yang jelas bawang putih ini saya dapat dari pendistribusi yang bawangnya berasal dari Dumai,”ungkapnya.

Hal sama disampaikan pedagang ayam, Mul.Dijelaskannya, ayam potong yang ia jual turun dari harga sebelumnya. Karena ayam yang dibeli dari peternak di Payakumbuh, Sumatera Barat,turun.“Karena harga beli turun, kami jual juga turun harga,”katanya.  Ia juga memastikan, ayam yang dijual ke konsumen di daerah ini tetap terjamin.Karena ayam yang dibeli telah dilakukan pemeriksaan kesehatan.(900)