Harga Bawang Merah di Bengkulu Anjlok

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Harga bawang merah di sejumlah Pasar Tradisional di Kota Bengkulu mengalami penurunan. Salah Seorang Pedagang Bawang di Pasar Panorama, Sarial (58) menuturkan kepada bengkuluekspress.com, Sabtu (22/9/18),



“Penurunan harga ini dampak panen raya yang terjadi bersamaan di berbagai daerah. Hal tersebut menyebabkan over produksi pada bawang merah. Salah satunya di daerah Brebes, Jawa Tengah.”

Penurunan harga bawang merah telah terjadi sejak satu bulan terakhir. Harga bawang merah yang awalnya Rp 26 ribu per kilo sekarang turun menjadi Rp 14 ribu.”

Sarial menjelaskan, harga bawang merah di Pasar Panorama bervariasi tergantung kualitasnya. Bawang merah kualitas rendah berukuran sekitar 3 cm dijual Rp 14 ribu per Kg. Sedangkan, kualitas super dengan ukuran sekitar 6cm seharga Rp 18 ribu per Kg.

Kendati demikian, penurunan harga ini tidak menaikkan kuantitas penjualan. Menurut Sarial, penjualan bawang merah cenderung menurun. Jika awalnya terjual 100 Kg bawang merah per minggu, sekarang yang terjual hanya sekitar 80 Kg per minggu. Hal ini disinyalir akibat banyaknya penjual bawang dadakan disejumlah tempat yang membuat konsumen tidak membeli bawang ke pasar.

Contohnya di Jalan Pangeran Natadirja, tepatnya di depan Puskesmas Jalan Gedang. dan di Jalan Cendana, Sawah Lebar, Kota Bengkulu. Harga yang ditawarkan di sana pun sama dengan penjualan di pasar. (Mg2)