Harga Bawang dan Kacang Tanah Naik, Cabai di Benteng Menurun

Kabid Perdagangan Dalam Negeri, Nurul Takwa

BENTENG,bengkuluekspress.com– Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi (Disperindagkop) dan UKM Bengkulu Tengah (Benteng) Bengkulu Tengah (Benteng) terus memantau perkembangan harga sembilan bahan pokok (Sembako) yang beredar.
Dari hasil pendataan yang dilakukan pada minggu ketiga bulan April 2021, sejumlah bahan makanan di 20 pasar tradisional Kabupaten Benteng mengalami kenaikan. Salah satunya adalah harga bawang.

Jika pada minggu kedua harga bawang merah dijual pedagang Rp 28 ribu per kilogram (Kg), saat ini harganya mencapai Rp 32 ribu per Kg. Selain itu, kenaikan juga terjadi pada harga bawang putih. Dari yang sebelumnya Rp 24 ribu per Kg, menjadi Rp 30 ribu per Kg.
Hal yang sama juga terjadi padang kacang tanah. Jika sebelumnya dihargai Rp 32 ribu per Kg, sekarang menjadi Rp 50 per Kg.
“Dibandingkan dengan minggu lalu, harga bawang merah naik Rp 4 ribu per Kg. Sedangkan, bawang putih naik Rp 6 ribu per Kg,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disperindagkop dan UKM Benteng, Edwar Novrin SSos, melalui Kabid Perdagangan Dalam Negeri, Nurul Taqwa ST.

Berbeda dengan harga bawang, sambungnya, harga cabai merah di pasaran malah mengalami penurunan. Diduga, hal ini terjadi akibat melimpahnya hasil panen. Jika sebelumnya cabai dibeli oleh pedagang seharga Rp 40 ribu per Kg, dalam minggu ini pembeli bisa membawa pulang cabai seharga Rp 26 ribu per Kg. Lalu, cabe rawit dari yang sebelumnya Rp 50 ribu menjadi Rp 40 ribu per Kg.
“Beberapa harga sembako lain masih stabil dan belum terjadi lonjakan (lihat grafis),” ungkap Taqwa.(135)

Grafis : Harga sembako minggu ke-3
No Bahan Pokok Harga
1 Beras Rp 17 ribu/cupak
2 Gula Pasir Rp 16 ribu/Kg
3 Minyak goreng Rp 15 rib/Kg
4 Daging Sapi Rp 130 ribu/Kg
5 Daging Ayam Rp 38 ribu/Kg
6 Telur Ayam Ras Rp 45 ribu/karpet