Harga 1 Perahu 200 Juta, Diselesaikan Tempo 2 Bulan


TERNYATA harga sebuah perahu penangkap ikan tidaklah murah, harganya bisa melebihi harga sebuah mobil yakni ratusan juta rupiah. Guna melihat lebih dekat aktivitas pembuatan perahu tersebut, kemarin (19/5) BE menyempatkan diri menyambangi tempat pembuatan perahu penangkap ikan di Pasar Bengkulu Kecamatan Teluk Segara

PURWO SUWIGNYO, Kota Bengkulu

Inang (50), salah seorang pembuat perahu 059 Lang-lang Buana ketika ditemui mengatakan, kalau sudah siap berlayar, perahu penangkap ikan ukuran sekitar 16 x 3 meter yang ia buat bisa menghabiskan biaya sekitar Rp 200 juta bahkan bisa lebih. Rinciannya dengan biaya pembuatan mulai dari membeli meterial perahu dan upah pembuatan menghabiskan dana sekitar Rp 150 juta, ditambah pembelian mesin 100 Ps diesel seharga 50 Juta.
“Untuk bahan dan mesin pihak pemesan yang menyediakan. Sedangkan saya hanya membuat dengan upah Rp 30 juta sampai dengan selesai,” terang pria asal Padang Pariaman, Sumatera Barat ini.
Menurut lelaki yang sudah 20 tahun berpengalaman membuat perahu ini, untuk menyelesaikan pembuatan 1 perahu, bisa membutuhkan waktu 2 hingga 3 bulan karena proses pengerjaannya sangat tergantung pada kondisi cuaca. “Apabila sering hujan maka butuh waktu lebih lama. Tetapi jika cuaca bagus hanya dibutuhkan sekitar 2 bulan,” ujarnya. Dalam pengerjannya, ia dibantu oleh 2 orang tenaga kerja.
Berkaitan dengan jenis bahan yang digunakan untuk pembuatan perahu, Inang mengatakan, kayu perahu garapannya kali ini disediakan oleh pemesan jenisnya meliputi lunas, lebai, dan balam.(**)