Harapkan Peningkatan Jalan

JALAN raya Desa Embong Uram Kecamatan Uram Jaya sepanjang lebih kurang 700 meter, 300 meter diantaranya masih berupa Burda atau jalan aspal batu. Untuk itu, warga sangat berharap kepada Pemda Lebong untuk bisa melakukan pembangunan jalan di desa mereka. Apalagi kondisi jalan yang berbatu dan diselimuti debu tersebut sudah berlangsung cukup lama.

Kades Embong Uram Ibnu Rusdi kemarin mengatakan, jalan sepanjang 300 meter yang belum diaspal hotmix tersebut pernah dibangun secara swadaya sekitar tahun 1997 silam. Pembangunanpun baru sebatas aspal batu dan semen beton. “Sampai saat ini, belum ada sentuhan pembangunan jalan desa kita ini. Kalau diusulkan saat Musrembang Kecamatan, sudah hampir setiap tahun,” ujar Rusdi.

Padahal menurut Rusdi, peningkatan jalan di desa mereka sangatlah diperlukan. Apalagi sekitar tahun 2008-2009 lalu, pemerintah juga sudah membuka jalan tembus dari desa mereka hingga ke Kelurahan Turan Lalang Kecamatan Lebong Selatan. Dimana pembangunan baru sebtas pembukaan badan jalan. Harapan masyarakat untuk peningkatan jalan ini, lanjut Rusdi, juga dalam rangka mendukung peningkatan potensi objek wisata yang ada di wilayah mereka, yaitu objek wisata Air Terjun Paliak. Apalagi semakin hari, jumlah penduduk yang bermukim semakin meningkat. Baik di wilayah Desa Embong Uram maupun desa sekitarnya.

“Kita juga akan tetap berusaha mengusulkan pembangunan jalan desa kita ini pada kegiatan Musrembang, baik tingkat kecamatan maupun kabupaten. Kita juga rencananya akan mencoba dengan mengajukan proposal langsung kepada Dinas PU Lebong. Karena masyarakat sangat berharap sekali jalan desa bisa seluruhnya diaspal hotmix,” pungkasnya.(777)