Harapkan Adanya Kebun Tanaman Obat

TUBEI, BE – Penemuan 111 tanaman obat di Kabupaten Lebong oleh peneliti dari dari Kementrian Kesehatan RI yang bekerjasama dengan Lembaga Penelitian Universitas Bengkulu di 5 titik yang ada di Kabupaten Lebong, mendapatkan respon positif dari Asisten III Setda Lebong, Fauzi Taher SH MSi.

Bahkan Fauzi berharap kepada Dinas Kesehatan dan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan untuk dapat membudidayakan tanaman obat tersebut agar tidak musnah atau hilang.  “Ya saya sangat mendukung jika nantinya ada dibuat semacam kebun tanaman obat di Lebong ini. Kita seharusnya bersyukur dengan potensi tersebut, bahkan kedepan Kabupaten Lebong dapat dikenal dengan tanaman obatnya. Untuk itu, saya berharap dinas terkait seperti Dinas Kesehatan dan Dinas Pertanian untuk merespon hal tersebut dalam hal pembudidayaan tanaman obat tersebut,” jelas Asisten III.

Selain itu, dikatakan Fauzi, dulu di Kabupaten Lebong pernah ada program yakni TOGA (Tanaman Obat Keluarga) yang ditanam di setiap pekarangan rumah warga di Lebong. Namun saat ini program tersebut sudah tidak ada lagi, padahal program TOGA tersebut menanam segala jenis tanaman obat di pekarangan rumah. (777)