Harapan Bangunan Gedung Juang 45

veteran
ASRI/Bengkulu Ekspress
SALAMI: Plt Bupati Bengkulu Selatan saat menyalami para veteran di pendopo rumah dinas Bupati Bengkulu Selatan, Rabu (15/8).

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress– Perwakilan Veteran Bengkulu Selatan (BS), M Gerun menaruh harapan besar kepada Pemda v yang saat ini dibawah pimpinan Pelaksana tugas (plt) Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi SE MM. Dirinya berharap di Bengkulu Selatan dapat segera dibangun gedung juang 45.

“ Sejak kemerdekaan v sudah memiliki 25 Bupati, kami sangat berharap dibangun gedung juang 45 di Bengkulu Selatan,” katanya saat temu veteran di pendopo rumah dinas Bupati Bengkulu Selatan, Rabu (15/8).

Gerun mengatakan Bengkulu Selatanmerupakan pusat perjuangan sebelum kemerdekaan RI tahun 1945 lalu. Hanya saja, hingga saat ini belum ada bangunan gedung juang 45. Sedangkan daerah lain seperti Rejang Lebong dan Kota Bengkulu sudah lama dibangun. Oleh karena itu, dirinya berharap agar bisa segera dibangun. Hal itu untuk mengingatkan kembali sejarah perjuangan mantan pejuang BS dalam perebut dan mempertahankan kemerdekaan RI.



“ Mungkin sebentar lagi kami para mantan pejuang ini meninggal, kami harap ada gedung juang 45 sebagai pengingat perjuangan para pahlawan terdahulu,” harapnya.

Pelaksana tugas (plt) Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi SE MM memberikan apresiasi atas kesediaan para veteran Bengkulu Selatan bersedia hadir dalam acara ramah tama tersebut. Dirinya mengaku akan mengupayakan apa yang diharapkan mantan pejuang ini dapat terwujud. “ Kami akan upakan usul tersebut agar bisa terwujud,” ujarnya.

Kepala Dinas Sosial Bengkulu Selatan, Drs Heriyadi mengatakan saat ini jumlah veteran di Bengkulu Selatan tinggal sedikit lagi. Jika tahun lalu ada 40 mantan pejuang. Namun tahun ini tinggal 23 orang lagi.  “ Saat ini hanya 23 orang lagi mantan pejuang yang tersisa,” ujarnya.

Dalam pertemuan tersebut, Heriyadi mengaku pihaknya juga memberikan bantuan uang kepada para veteran. Setiap veteran diberi uang Rp 600 ribu. “ Mudah-mudahan mantan pejuang Bengkulu Selatan ini sehat selalu hingga bisa bertemu lagi pada HUT RI tahun depan,” harap Heriyadi. (369)