Hanya SMKN 1 UN Pakai Sistem CBT

KOTA MANNA, BE – Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA sederajat dengan sistem Computer Best Test (CBT) atau online di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS), tahun ini dipastikan hanya diikuti oleh satu sekolah yakni SMKN 1 BS. Sedangkan sekolah lainnya masih menggunakan cara lama Paper Base Test (PBT) atau Lembar Jawaban Komputer (LJK).
Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) BS, Ahmat Waif SPd MM melalui Kasi Kurikulum Bidang Pendidikan Menengah (Dikmen) Amir Sopyan MPd.
Menurutnya, UN tingkat SMA sederajat akan digelar 13-15 April sedangkan SMK dimulai 13-16 April. Hal itu berdasarkan Petunjuk Operasional Standar (POS) tentang UN, pelaksanaan UN dibagi dua system yaitu CBT dan PBT. “Di BS hanya SMKN 1 saja yang sitem CBT, selebihnya masih PBT, untuk fasilitas pendukung di sekolah ini berupa computer pun sudah siap,” kata Amir.
Ditambahkan Amir, kelulusan peserta UN SMA sederajat ini nantinya, akan ditentukan oleh sekolah. Akan tetapi tetap berpedoman pada nilai UN.
Ketentuannya yakni peserta harus mendapat nilai UN dengan nilai rata-rata 5,5 atau nilai mata pelajaran minimal 4,00. Sehingga bagi yang tidak memenuhi syarat, wajib mengulanginya pada UN tahun depan. Akan tetapi, UN yang diulang hanya mata pelajaran yang nilainya di bawah 4,00.
“Kami menargetkan tahun ini lulus 100 persen, kalaupun tidak lulus, siswa yang bersangkutan dapat mengulang UN tahun depan dan cukup mengulang mata pelajaran yang nilainya dibawa 4,00,” demikian Amir. (369)