Hanya Pariwisata Bisa Dieksplorasi

Ist/Bengkulu Ekspress
PANORAMA ALAM: Suasana ikon baru kebun teh Kabawetan, panorama alam indah tersaji di pagi hari saat kita bersantai di wisata alam Kebun Teh Kabawetan yang sudah memiliki Maskot Kepahiang Mountain Valley.

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress– Dengan kondisi geografis perbukitan dan dikeliling hutan lindung. Kondisi tersebut membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang serta jajaran harus memutar otak untuk melaksanakan pembangunan guna meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) guna mendongkrat Anggaran Pendapat Belanja Daerah (APBD).

Dijelaskan Bupati Kepahiang, Dr Ir Hidayatullah Sjahid MM IPU, hanya sektor pariwisata yang bisa dieksplor secara besar-besaran oleh pemerintah. Sebab, potensi sumber daya alam lainnya, seperti batu bara yang ada di Kecamatan Seberang Musi tidak bisa diekplorasi. Karena kandungan masih rendah keberadaan banyak di kawasan hutan lindung. “Kita tidak bisa ikut-ikut daerah lain, untuk mengembangkan potensi alam seperti batu bara. Walaupun ada batu bara di Seberang Musi kandungannya masih rendah kita kalah dengan daerah lain. Serta berada dikawasan hutan lindung tentunya izin dari kementerian tidak bisa turun,” kata Bupati.

Untuk itu, Bupati menegaskan satu-satunya yang bisa dikembangkan Pemerintah Daerah (Pemda) dan jajaran hanyalah objek wisatawa. Maka pemerintah membangun besar-besaran untuk pariwisata sejak awal kepemimpinanya terkhusus di Kecamatan Kabawetan.



“Sudah ada kita bangun race area, serta fasilitas lainnya. Event tahun kita juga melaksanakan festival bukit dan lembah yang menyajikan produk pertanian, kontes ternak dan eksplorasi hasil pertanian asli Kabupaten Kepahiang,” terangnya.

Ia berharap, dengan berbagai fasilitas wisata yang dibangun pemerintah bisa mendorong masyarakat luas secara mandiring mempromosiakan wisata supaya wisatawan bisa mengetahi keunikan dan keunggulan objek-objek wisata yang dimiliki Kabupaen Kepahiang.

Selian itu, setiap tahunnya di bulan September Pemkab Kepahiang dengan melibatkan berbagai OPD terkait menggelar Mountain Valley Festival (MVF). MVF sendiri setiap tahunnya selalu dirancang semakin besar guna menyedot animo masyarakat luar berkunjung di Provinsi Bengkulu khususnya Kabupaten Kepahiang.

“Tentunya MVF selaras juga dengan program provinsi wonderfull Bengkulu 2020 yang ditargetkan akan manarik banyak wisatawan hingga Kabupaten Kepahiang tidak ketinggalan menyodorkan wisata alam yang kita miliki,” tuturnya.

Adapun objek wisata yang jadi primadona masyarakat di Kabupaten Kepahiang diantaranya Kebun Teh Kabawetan, Danau Suro, Air Terjun hingga Bukit Hitam yang menyajikan pemandangan alam sangat menarik. Baik untuk dipandang mata maupun bagi yang suka mengabadikan moment-moment menarik menggunakan lensa kamera. (320)