Hanya 5 Persen Dukungan KTA Parpol Diverifikasi

IKUTI: Para pengurus DPD 12 Parpol di Kabupaten Kepahiang saat mengikuti sosialisasi yang digelar KPUD Kepahiang untuk mengatahui tahapan verifikasi faktual.
IKUTI: Para pengurus DPD 12 Parpol di Kabupaten Kepahiang saat mengikuti sosialisasi yang digelar KPUD Kepahiang untuk mengatahui tahapan verifikasi faktual.

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Kepahiang mulai melaksanakan verifikasi faktual pada Partai Politik (Parpol) lama besok tanggal 30 Januari. KPUD hanya melaksanakan pengecekan 5 persen dukungan KTA masing-masing Parpol, yang akan dilaksanakan disekretariat masing-masing Parpol tersebut.

Tahapan dan mekanisme verifikasi sudah disosialisasikan kepada para pengurus DPD parpol lama terdiri Nasdem, Golkar, PDI

Perjuangan, Hanura, Gerindra, PAN, PKS, PKB, PBB, PKP Indonesia, PPP dan Demokrat, kemarin (28/1). Ia menjelaskan, kepada para pengurus parpol untuk melengkapi kebutuhan verifikasi. Sehingga pelaksanaan verifikasi yang akan berlangsung selama 3 hari hingga 1 Februari mendatang dapat berjalan dengan lancar dan baik.

“Jika sebelumnya pada parpol baru sampelnya 10 persen sekarang untuk parpol lama hanya 5 persen sampel dukungan KTP/KTA,” ungkap Komisioner KPUD, Syamsul Komar, SP, Minggu (28/1).

Kemudian KPUD mensyaratkan sampel 5 persen dukungan KTP/KTA harus tersebar di 4 Kecamatan se-Kabupaten Kepahiang.

“Bila kita temukan kekurangan sari verifikasi yang dilakukan, ada waktu tanggal 3 – 5 Februari untuk Parpol melakukan perbaikan dan tanggal 6 Februari kita melakukan penelitian hasil perbaikan dan tanggal 7 – 8 februari Berita Acara (BA) verifikasi faktual disampaikan kepada 12 Parpol lama,” ujar Komar.

Kemudahan lainnya, Parpol akan menentukan sendiri sampel yang akan dilakukan verifikasi oleh KPUD Kepahiang. Segala sampel yang diverifikasi KPUD Kepahiang harus asli, baik keterangan keberadaan kantor maupun dukungan KTP/KTA.

“Syaratnya sampel harus tersebar 50 persen di seluruh kecamatan dalam Kabupaten Kepahiang. Jadi orang-orang yang ditunjuk untuk dijadikan sampel harus benar-benar yang mendukung Parpol tersebut,” tegasnya. (320)