Hanura Raih Ketua BK

BENGKULU, BE – Setelah melalui berbagai tahapan politik, politisi Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), H Imran Hanafi SE terpilih menjadi Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Kota Bengkulu. Imran ditetapkan bersama Heri Ifzan sebagai wakil ketua serta Indra Sukma, Baidari Citra Dewi dan Zulaidi sebagai anggota.
Jalannya paripurna internal DPRD Kota yang membahas pembentukan BK tersebut, awalnya setiap fraksi diminta memberikan nama-nama usulan. Dari 9 fraksi yang ada, hanya 7 fraksi yang mengusung kandidat. Mereka adalah Sutardi SH, Indra Sukma, H Imran Hanafi SE, Heri Ifzan, Minharsii SPd, Zulaidi dan Baidari Citra Dewi SH. Sementara Fraksi Demokrat yang semula mengusung Sawaluddin Simbolon SSos MM menarik kembali usulan mereka. Sedangkan Fraksi Golkar tidak mengajukan kandidatnya sama sekali.
Tahapan setelah mengusulkan daftar nama tersebut, 31 anggota dewan yang hadir itu kemudian memilih 5 nama secara tertutup. Setiap orang diberikan hak yang sama untuk menuliskan 5 nama pilihannya. Wien Zafitrah Ruslan, Muryadi SH, Mardiyanti SH dan Sawaluddin Simbolon SSos MM absen dalam pemilihan.
Usai pemilihan, paripurna internal yang dipimpin Ketua DPRD Kota Erna Sari Dewi SE tersebut lantas memutuskan untuk langsung membacakan hasilnya. Indra Sukma dan Imran Hanafi sama-sama mendapatkan 28 suara, Zulaidi mendapatkan 25 suara, sementara Baidari Citra Dewi dan Heri Ifzan sama-sama mendapatkan 20 suara. Dengan demikian, Miharsii dan Sutardi dicoret dari daftar BK DPRD Kota Bengkulu.
“Kita akan fokus untuk menegakkan Tatib (tata tertib, red). Sanksi akan kita berikan kepada setiap anggota dewan yang melanggar kode etik, baik yang seringkali absen atau pelanggaran lainnya,” katanya.
Sementara Ketua DPRD Kota Bengkulu, Erna Sari Dewi SE mengatakan, hasil dari paripurna internal tersebut bersifat mengikat. Setelah selesai pembentukan, pihaknya akan langsung menerbitkan Surat Keputusan (SK) sebagai legitimasi bagi BK untuk menjalankan tugas-tugasnya. (009)