Hand Traktor Bantuan Terbengkalai

ERICK/Bengkulu Ekspress TERBENGKALAI : Hand traktor yang hingga saat ini belum dibagikan menunggu instruksi Pemprov Bengkulu. Saat ini kondisinya terbengkalai di simpan di bagian belakang Kantor Dispertan Lebong.
ERICK/Bengkulu Ekspress TERBENGKALAI : Hand traktor yang hingga saat ini belum dibagikan menunggu instruksi Pemprov Bengkulu. Saat ini kondisinya terbengkalai di simpan di bagian belakang Kantor Dispertan Lebong.

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Sebanyak 46 unit hand traktor bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu awal bulan Juli 2018 yang lalu, hingga kemarin (20/08) belum dibagikan ke kelompok tani (Poktan). Sehingga kondisinya terbengkalai di belakang kantor Dinas Pertanian (Dispertan) Lebong.

Kadispertan Kabupaten Lebong, Emi Wati SE Mak melalui Pelaksana tugas (plt) Kepala Bidang (Kabid) Prasarana dan Sarana, Afri Hardiansyah ST mengatakan, bahwa yang akan membagikan secara simbolis bantuan hand traktor akan diserahkan oleh Plt Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah MMA.

“Kita telah mengirimkan surat, kapan gubernur atau perwakilannya ada waktu untuk membagikan hand traktor kepada poktan yang sebelumnya telah didata,” jelasnya, kemarin (20/08/2018).

Karena Pemprov langsung yang akan membagikannya secara simbolis, untuk itulah hingga saat ini hand traktor yang saat ini kondisinya siap dibagikan. Karena telah selesai dirangkai belum juga dibagikan.

“Semuanya telah kita siapkan, kapan Gubernur atau perwakilannya akan membagikannya maka kita akan persiapkan,” sampainya.

Ditegaskan Afri, untuk pemberian bantuan hand traktor kepada poktan nantinya tidak dipungut biaya (gratis). Akan tetapi untuk penerima bantuan nantinya akan diutamakan poktan yang selama ini mensuport atau melaksanakan tanam dan panen padi dua kali dalam satu tahun.

“Itu yang kita utamakan, karena mereka munsuport program Pemda Lebong,” tegasnya.

Untuk diketahui, bantuan yang didapat dari dana Tugas Pembantuan (TP) Provinsi Bengkulu tahun 2018 ini, selain mendapatkan bantuan 46 unit hand traktor, Kabupaten Lebong juga mendapatkan bantuan 10 unit Cultivator dan 1 unit mesin penanam padi. Dimana khusus mesin penanam padi, nantinya tidak dibagikan namun akan selalu berada di Dispertan dan akan diserahkan kepada para poktan yang nantinya akan meminjam untuk mencoba menanam padi menggunakan mesin.(614)