Hamim Cs Dapat Waktu Seminggu

DENDI - Calon DPD yang batal dicoret, Hamin Wicaksono saat berbincang-bincang dengan anggota KPU, Eko Sugianto, kemarinBENGKULU, BE – Meskipun Hamim Wicaksono bersama 3 rekannya batal dicoret sebagai calon DPD. Namun, keempatnya tidak mendapat kesempatan seperti 19 calon lainnya. Hamim Cs hanya diberikan waktu seminggu untuk melengkapi kekurangan persyaratan.
Tidak ada tambahan waktu lagi bagi pak Hamin dan 3 calon lainnya. Mereka diberikan kesempatan hanya 1 kali perbaikan,” kata Juru bicara komisioner KPU, Zainan Sagiman SH, kemarin.
Ia menjelaskan waktu yang diberikan tersebut telah berjalan mulai 9 hingga 18 Juni ini. Jika dalam  kurun waktu tersebut masih terdapat kekurangan persyaratan, maka tidak ada jalan lain kecuali dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) dan tidak diikutkan dalam tahapan selanjutnya.
“Jika dukungannya setelah diverifikasi masih dibawah 2 ribu, mereka akan gugur dan tidak ada masa perbaikan selanjutnya,” tegasnya.
Sementara proses verifikasi sama seperti sebelumnya, yakni bila terdapat 1 dukungan yang batal maka dukungannya akan dikurangi 50. Sementara itu, sekitar pukul 10.00 WIB, kemarin, Hamim Wicaksono mendatangi sekretariat KPU provinsi. Ia mempertanyakan kejelasan statusnya,  sebab hingga kemarin ia tidak diberitahukan secara resmi oleh komisioner KPU tentang tuntutannya diakomodir oleh KPU RI.
“Saya baru menetahuinya hanya melalui media, setelah saya tanyakan langsung kepada komisioner tadi, ternyata benar bahwa kami yang sebelumnya dicoret diikutkan kembali,” terangnya.
Hamim pun sangat menyayangkan sikap KPU tidak memberikan hal tersebut, karena surat itu dikeluarkan oleh KPU RI tanggal 28 Mei lalu. “Dalam aturannya masa perbaikan kedua ini dilakukan selama 10 hari, tapi karena KPU tidak memberitahukan kepada kami, sehingga kami memiliki waktu 7 hari atau 1 minggu lagi,” sesalnya.
Kendati demikian, Hamin mengaku tetap akan berusaha melengkapi kekurangan berkasnya, seperti keterangan kesehatan¬† kejiwaan, bebas narkoba dan bukti dukungan yang ditandangani oleh pendukungnya. “Beberapa kekurangan itu akan saya lengkapi, dan sampaikan ke KPU secepatnya,” ucapnya optimis. (400)