Hama Wereng di Seluma, Stok Beras Aman

TAIS, bengkuluekspress.com – Sekalipun hama wereng melanda Kecamatan Seluma Selatan dan Talo Kabupaten Seluma, namun stok kebutuhan beras di masa tanam dan triwulan ketiga masih mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kabupaten Seluma.

”Untuk triwulan ke tiga masa tanam kedua seluas 1774 hektar sawah. Konfersikan Gabah/Padi sebesar 5075 tolton beras sekali panen yang di perkirakan perhektarnya 5 ton pagi,” tegas Plt Kepala Dinas Pertanian Arian Sosial MSi melalui Kabid Pertanian Joko Voliantoro SP MSi kepada wartawan.

Dijelaskan, jika seluas 37 hektar lahan persawahan warga yang di dua kecamatan tersebut terkena hama wereng. Jelas membuat pengaruh hasil kedepannya. Sekalipun demikian, tidak akan mengurangi jumlah hasil pertanian warga. Terpenting saat ini 20 ribu warga Seluma masih tercukupi untuk ketersediaan pangan.

“Memang mengurang, namun masih cukup untuk memenuhi kebutuhan warga Seluma ini,”ujarnya.

Ditambahkan, saat untuk bulan September, beberapa Desa Lubuk Gio, Sido Mulyo, Sukarami,Padang Merbau, Air Latak dan Padang Genting. Untuk bulan Agustus lalu Desa Kembang Mumpo, Durian Bubur, Muara Danau Lubuk Gio dan Kembang Seri sudah melaporkan jika kawasan pertanian mereka sudah terkena hama wereng dan insektisida pun sudah ikut diberikan kepada kelompok tani.

“Kelompok sudah menyampaikan dan permintaan insektisida untuk pembasmi wereng,” ujarnya.

Dibeberkan, untuk itu kelompok tani dan petani diharapkan bisa bergabung pada mengasuransikan kawasan persawahan mereka. Sehingga, dikala hama dan bencana alam sedikit bisa mengurangi kerugian petani dan masih mendapatkan keuntungan.

“Petani atau kelompok program ini sudah ada anggaran dari pemerintah dan jelas di subsidi sehingga petani tidak terlalu besar membayarnya,” imbuhnya lagi. (jef)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*