Hama Tikus Dibasmi

PPL Kecamatan Taba Penanjung bersama TNI, Polri dan masyarakat memburu hama tikus di area persawahan di Desa Rindu Hati, Rabu (19/9).

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Keluhan hama tikus di area persawahan wilayah Kecamatan Taba Penanjung akhirnya ditanggapi Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng).

Distan langsung menginstruksikan sejumlah Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kecamatan Pondok Kelapa untuk melakukan pembasmian hama tikus secara besar-besaran. Dengan melibatkan personel Kepolisian dan TNI, PPL melakukan perburuan hama tikus dengan menggunakan racun.

“Keluhan hama tikus sering kami terima. Sebab itulah, kami menerjunkan PPL untuk melakukan perburuan,” kata Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP), Hendra Putra Kelana SH melalui Kasi Pupuk, Pestisida dan Alsintan, Pitolan SE, kemarin (20/9).

Dijelaskan Pitolan, perburuan tikus dilakukan dengan menggunakan alat empos atau semprotan yang menggunakan racun bercampur belerang. Secara teknis, PPL bersama warga melakukan pencarian lubang tikus dan menyemprotkan racun tersebut.



“Setelah disemprot, semua tikus yang sedang bersembungi di dalam lubang tanah akan langsung mati. Ini merupakan salah satu cara yang ampuh mengingat hama tikus memang biasa bersembunyi ketika siang hari,” ungkap Pitolan.

Sebelumnya, kata dia, serangan hama tikus terjadi saat sawah sedang memasuki musim panen. Akibat serangan hama tikus, batang padi akan langsung mati dan tak bisa dipanen.

“Saat ini, perburuan tikus baru dilakukan di Desa Rindu Hati. Selanjutnya, perburuan akan dilakukan pada area persawahan lainnya,” tandas Pitolan.(135)