Hadirkan Rumah Tahan Gempa

PT Benteng Pratama
Pembangunan Griya Mentari Residence yang sudah mulai dilakukan pembangunan (1)
BENGKULU,BE – PT Benteng Pratama untuk meramaikan pasar perumahan di Bengkulu. Walau pendatang baru, kualitas produk yang ditawarkan tak perlu diragukan. Perusahaan ini menghadirkan konstruksi rumah yang  kuat terhadap guncangan gempa. Ini sesuai dengan kondisi Bengkulu yang berstatus daerah rawan gempa.

“Kontruksi yang kita gunakan adalah kontruksi kuat gempa. Dengan sloof dua lapis atau dalam bahasa arsiteknya ban pinggang,” terang Direktur PT Benteng Pratama Asman.

Ia menjelaskan bahwa biasanya ban pinggan tersebut digunakan untuk konstruksi pada rumah dua tingkat. Perumahan Griya Mentari Residen ini terletak di Jalan WR Supratman Talang Kering. Lokasi  ini sangat strategis. Selain berada di pinggir jalan utama, lokasi sangat dekat dari fasilitas umum lainnya. Seperti fasilitas pendidikan, kesehatan dan bahkan pasar tradisional. Paling utama adalah bebas dari banjir.

“Kalau masalah banjir jangan di bahas lah. Kota Bengkulu ini terendam sepenuhnya baru kita kena,” ujar Asman sambil bercanda.
Dari 4 hektar lahan akan dijadikan perumahan pihak PT Benteng Pratama akan menawarkan beberapa tipe. Mulai dari tipe 38, 45, 65, dan 75. Untuk harganya dipatok dari Rp 165 juta hingga Rp 375 juta.

Sistem pembayaran bisa cash ataupun  dengan KPR Bank. Dari harga itu pembeli diberikan sertifikat hak milik, listrik, air/PAM dan IMB. “Selama ini yang kita pakai adalah KPR Bank BNI Syariah. Namun kami memberikan kebebasan kepada nasabah kami untuk memilih bank lain,” tambah Asman.

Lantas apa kelebihan lain perumahan ini? Asman menjelaskan area perumahan ini memiliki masjid, ruang terbuka hijau yang luasnya 30 persen dari luas perumahan. Selain itu akan dibangun 13 unit ruko yang akan berfungsi sebagai sarana perekonomian. Jalan di komplek perumahan juga menggunakan paving blok dengan lebar jalan tujuh meter. Juga dikelilingi tembok sehingga nantin hanya ada satu akses jalan masuk dengan dua pintu yang dilengkapi dengan pos penjagaan.

“Keamanan sangat kami utamakan. Nantinya penghuni perumahan ini bisa tenang dan nyaman tanpa harus takut akan terjadi pencurian,” ungkap Asman.

Dalam pengerjaan perumahan ini, kata Asman, mereka tidak main-main. Tukang yang bekerja telah diseleksi dengan baik. Jika hari pertama kerja tidak sesuai dengan harapan mereka langsung menggantinya.”Kita mengutamakan kualitas bangunan. Makanya tukang yang membangun juga kita seleksi ketat,” terangnya.

Bahan yang digunakan melebihi standar. Pondasi menggunakan batu kali, sloof/ring balok menggunakan beton bertulang, lantai menggunakan keramik dengan ukuran 40 X 40, pintu panel menggunakan kayu, dinding batu bata diplester dan dicat. Plafon gypsum, jendela menggunakan kaca polos dengan kusen kayu, atap metal dengan rangka baja dan  tegangan 1300 watt.

“Yang membedakan adalah untuk tipe 65 dan 75 atapnya menggunakan metal pasir serta rangka atap baja. Namun untuk 38 dan 45 atapnya menggunakan metal berwarna dengan rangka atap menggunakan kayu. Setelah dua bulan berjalan sudah 40 persen dari total unit yang akan kia jual sudah terjual,” pungkas Asman.(251)