Hadapi Tahun Baru, RSUD dan Puskesmas Siaga

dokter_pttBENGKULU, BE – Jumat, 1 Januari merupakan tanggal merah tahun baru 2016. Para PNS pun kembali menikmati libur panjang hingga Minggu, 3 Januari 2016. Pada hari libur tersebut, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu menginstruksikan kepada semua Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan Puskesmas Induk untuk tetap dibuka dan memberikan layanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) kepada masyarakat yang membutuhkan pertolongan.

“Selama libur tahun baru akan ada peningkatan penggunanan kendaraan bermotor, dan berdasarkan pengalaman tahun lalu, pada perayaan tahun baru ini intensitas kecelakaan juga meningkat. Untuk itu, layanan IGD dan Puskesmas Induk di seluruh Provinsi Bengkulu tetap melayani pasien,” kata Kadinkes, H Amin Kurnia SKM MM.

Menurutnya, hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi keadaan mendesak atau darurat yang bisa berakibat fatal terhadap keselamatan seseorang. Sebab, kecelakaan biasanya tidak mengenal tempat dan waktu, sehingga petugas puskesmas bisa langsung memberikan pertolongan sebelum dirujuk ke rumah sakit diatasnya jika korban mengalami cidera yang cukup parah.

Bahkan khusus untuk rumah sakit, Amin mewajibkan untuk menyiagakan dokter, termasuk dokter spesialis serta perawat. Baik di ruang rawat inap maupun Instalasi Gawat Darurat (IGD). “Untuk mendukung layanan di rumah sakit, dokter dan perawatnya juga harus siap sedia,” tegas dia.

Hanya saja, untuk pelayanan rawat jalan akan diliburkan. Penetapan tersebut berlaku hingga libur tahun baru selesai, tepatnya Senin, 4 Januari 2016. (400)