Hadapi Pilkada, Dukcapil Kaur Tambah 1.500 Blangko E-KTP

PERLIHATKAN: Sekretaris Dukcapil Kaur, Januar Apriko saat memperlihatkan blangko e-KTP yang baru diterima dari Ditjen Dukcapil, Senin (14/9).

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kaur memastikan ketersediaan blangko KTP elektronik mencukupi hingga beberapa bulan ke depan. Sebab Dukcapil Kaur menerima jatah 1.500 blangko e-KTP dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Penambahan blangko e-KTP ini untuk persiapan menghadapi Pilkada serentak pada 9 Desember mendatang.

“Untuk stok blangko e-KTP kita aman dan masyarakat tidak usah khawatir. Karena kita baru saja menerima penambahan blangko e-KTP sebanyak 1.500 keping, dan ini menambah stok lama yang tersisa tinggal 100 keping lagi,” kata Kepala Dukcapil Kaur, H Bahrun Budiman SH melalui Sekretaris Januar Apriko SHut MSi, saat ditemui BE di ruang kerjanya, Senin (14/9).

Dikatakan Apriko, dengan adanya penambahan stok blangko e-KTP ini maka pihaknya segera mempercepat proses pencetakan e-KTP tersebut untuk warga yang belum memiliki e-KTP. Apalagi jelang Pilkada 2020 ini yang berhak memilih atau terdaftar dalam daftar pemilih tetap mereka yang sudah melakukan perekaman e-KTP.

“E-KTP ini merupakan syarat untuk menentukan hak suara dalam Pilkada anti, dan kita sangat disayangkan jika yang sudah ada hak pilih namun tidak melakukan perekaman,” terangnya.

Masyarakat Diimbau Segera Melakukan Perekaman

Ditambahkannya, ia mengimbau masyarakat Kaur yang belum melakukan perekaman data diri, baik di kantor Disdukcapil maupun pelayanan lainnya agar segera menyelesaikannya. Apalagi saat ini menjelang Pilkada 2020. Ia meminta yang berhak memilih atau terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap harus sudah melakukan perekaman e-KTP. Mengingat sangat disayangkan jika yang sudah ada hak pilih, namun tidak melakukan perekaman. Dimana dalam pelayanan administrasi dokumen kependudukan perekaman e-KTP tetap mengedepankan protokol kesehatan Covid-19.

“Kita selalu imbau pada masyarakat agar yang belum merekam segera merekam e-KTP ini, jangan sampai karena tidak ada KTP tidak bisa menyalurkan hak suaranya. Juga kepada warga uang mengurus dukomen agar tetap memakai masker, cuci tangan dan jaga jarak,” imbaunya. (irul)