Hadapi Pemilu, Blanko KTP-el di Bengkulu Tengah Aman

Sekretaris Dinas Dukcapil Benteng, Adnan Kasidi SE
Sekretaris Dinas Dukcapil Benteng, Adnan Kasidi SE

BENTENG, BE – Mengantisipasi penduduk yang ingin mengurus kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) akhir 2020. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng), mamastikan stok blanko aman. Dinas Dukcapil Benteng siap melayani pemilih baru yang ingin mencetak KTP-el, kartu yang rusak ataupun KTP-el yang hilang.

“Menjelang Pilgub tahun 2020 ini, stok blangko KTP-el dipastikan cukup. Saat ini, kami memiliki 3.000 blangko KTP-el,” Sekretaris Dinas Dukcapil Benteng, Adnan Kasidi SE kepada BE.

Dikatakan Adnan, persiapan blanko KTP-el memang sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari. Terlebih lagi, pengambilan blanko di Dirjen Dukcapil Kemendagri RI dilakukan pembatasan. Selama pandemi Covid-19, proses pengambilan blangko KTP-el tak lagi dijemput secara langsung oleh pejabat Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota. Melainkan, difasilitasi oleh Kantor Perwakilan di Provinsi Bengkulu.

“Biasanya, blanko kami ambil langsung ke Kemendagri. Karena ada pembatasan dinas luar (DL), pengambilan blanko difasilitasi Provinsi,” jelasnya

Selain blanko KTP-el, Adnan menuturkan, ketersediaan blangko kartu identitas anak (KIA) juga melimpah. Saat ini, tersisa sekitar 11.000 blangko KIA.

“Untuk pencetakan KK, sudah tak lagi memerlukan blanko dari pusat. Melainkan, sudah bisa memakai kertas HVS. Tanda tangan Kepala Dinas juga sudah diganti dengan barkode,” tandasnya.  (135)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*