H. Zainal Arifin SE

Mudahkan Orang Lain

tokoh Jasa Raharja1SOSOK H Zainal Arifin SE mungkin masih asing bagi masyarakat Bengkulu. Hal ini karena ia baru beberapa hari menetap di Kota Bengkulu. Ia adalah Kepala Cabang PT Jasa Raharja Bengkulu.

Pria Kelahiran Palembang, 52 tahun lalu ini adalah putra purnawirawan TNI. Meski lahir di Palembang, ia besar di Sumatera Utara karena mengikuti sang ayah bertugas di kilang milik Pertamina di daerah Pangkalan Brandan. “Meski saya keturunan Palembang-Sunda, namun saya besar di Sumatera Utara. Dari SD hingga bekerja, saya di Sumatera Utara,” ceritanya.

Zainal menceritakan, ia mulai bekerja di Jasa Raharja saat masih kuliah tahun 1983 silam. Saat itu jabatannya sebagai Pelaksana Administrasi Jasa Raharja Medan. Selama 18 tahun menjabat sebagai Pelaksana Administrasi, Zainal 3 kali pindah kantor, yaitu Jasa Raharja Medan, Tebing Tinggi dan Padang Sidempuan. Karena sering berpindah tugas, Zainal memiliki banyak pengalaman.

Tugasnya di daerah membuat ia sering turun langsung menemui masyarakat hingga ke pelosok. Ada pengalaman unik saat masih bertugas di Sumatera Utara. Di beberapa daerah ada yang masih kental dengan racun. Namun berkat kehati-hatian dan keyakinannya akan tugasnya yang mulia, Zainal masih diberi kesehatan oleh Allah SWT hingga saat ini. “Urusan hidup dan mati itu milik Allah. Mau dimana saja kita berada kalau sudah waktunya mati, pastilah mati. Alhamdulillah meskipun saat itu saya berada di daerah rawan namun saya masih selamat,” ungkapnya.

Setelah 18 tahun bekerja ia diangkat menjadi Kepala Perwakilan Jasa Raharja Tebing Tinggi, yaitu pada tahun 2001. Tahun 2003 ia pindah tugas menjadi Kepala Perwakilan Tanah Karo. Hanya 10 bulan, ia mendapat tugas baru sebagai Kepala Perwakilan Sukabumi.

Saat di Sukabumi, ia aktif ke lapangan memberikan santunan. Bahkan ia pernah memberikan santunan hingga ke pelosok yang perlu perjalanan sehari semalam, dan ia terpaksa tidur di hutan. Di tahun 2006, ia kembali ke Sumatera Utara dengan jabatan Koordinator Satuan Pengawas Internal Jasa Raharja untuk Sumatra Bagian Utara yang meliputi Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat dan Aceh. “Setelah 2 tahun, saya ditarik ke Kantor Pusat untuk menjabat sebagai Kepala Urusan,” katanya.

Baru 30 November 2012 lalu ia menjabat sebagai Kepala Cabang PT Jasa Raharja Bengkulu.”Saya datang ke Bengkulu seperti pulang kampung. Pasalnya saya asli Palembang. Selain dekat dengan Palembang, makanannya juga hampir sama,” ujarnya.

Zainal menegaskan dirinya akan selalu berkomitmen untuk mengenalkan Jasa Raharja kepada seluruh masyrakat. Menurutnya, bila ada masyarakat yang mengalami kecelakaan namun tidak mendapa santunan, maka beliau yang akan berdosa. Ia bersyukur bekerja di Jasa Raharja, karena selain mendapat gaji, juga mendapat tabungan di akherat. Untuk itu ia meminta seluruh karyawan Jasa Raharja untuk profesional. Ia juga selalu menanamkan prinsip hidup yaitu “mudahkan orang lain supaya Allah mencabut kesusahan kita”.(Ari)

Biodata
Nama
:
H. Zainal Arifin SE
Tempat Tanggal Lahir
:
Palembang 1960
Istri
:
Hj Elismawati SPd
Anak
:
1. Muhammad Elzarifki
2. Dimas Dwi Nugroho
3. Diki Dendi Permana
4. Halizah Al Zahra
Alamat
:
Jalan Kembang Manis No 08 Rt 07 Rw 02 Sawah Lebar Bengkulu

 

Pendidikan
1 SD
:
Tamat Tahun 1972
2 SMP
:
Tamat Tahun 1975
3 SMA
:
Tamat Tahun 1978
4 PT
:
Tamat Tahun 1985

 

Karir
1
Pelaksana Administrasi Jasa Raharja Medan
2
Pelaksana Administrasi Jasa Raharja Tebing Tinggi
3
Pelaksana Administrasi Jasa Raharja Padang Sidimpuan
4
Kepala Perwakilan Jasa Raharja Tebing Tinggi
5
Kepala Perwakilan Jasa Raharja Tanah Karo
6
Kepala Perwakilan Jasa Raharja Sukabumi
7
Koordinator satuan Pengawasan Internal Jasa Raharja Sumatera bagian Utara
8
Kepala Urusan di Kantor Pusat Jasa Raharja
9
Kepala Cabang Jasa Raharja Bengkulu